Buruh Tolak Kriminalisasi

MALANG-Kriminalisasi terhadap buruh jadi permasalahan penegakan hukum menyangkut ketenagakerjaan di Malang dan Indonesia. Sebab muncul tren pengaduan pencemaran nama baik yang dilakukan pengusaha terhadap buruh yang memperjuangkan upah dan hak-hak normatif lainnya. Ini tidak hanya terjadi di Malang namun juga di Sidoarjo, Pasuruan, dan kota-kota lain. Rendi selaku Humas Forum Bersama Perjuangan Rakyat Malang (FBPRM) pada pertemuan rutin Selasa (26/4) 2011 menyatakan, “Tidak sedikit pengusaha yang membayar upah buruh di bawah UMK namun ketika buruh lapor ke polisi malah buruh yang dipidanakan dengan dalih pencemaran nama baik. Ini kan aneh, kok laporan ke polisi malah dijadikan dasar pelaporan pencemaran nama baik?” ujarnya.

Lebih lanjut ia menyatakan bahwa selama ini terjadi diskriminasi hukum terhadap buruh. “Kalau dilihat secara hukum seharusnya pengusaha dipidana bahkan bisa dipenjarakan. Karena menurut perundang-undangan, tidak membayar upah sesuai UMK adalah kejahatan. Tapi penegakan hukum terhadap para pengusaha tidak pernah jelas baik dari kepolisian maupun kejaksaan. Kasus baru diproses kalau buruh ngotot, melakukan demo, atau mengadakan pemogokan. Sementara kalau pengusaha yang lapor langsung diproses,” gugatnya.

Hal ini dibenarkan oleh Yusik, aktivis buruh dari Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI). Ia menegaskan bahwa isu kriminalisasi ini sangat mendesak untuk disikapi. “Buruh-buruh yang berserikat selama ini ingin menegakkan undang-undang yang belum ideal tapi selama ini masih dilanggar. Karena di dalamnya hak-hak normatif buruh dijamin namun pada prakteknya banyak dilanggar pengusaha. Permasalahannya ada pada pemerintah khususnya penegak hukum. Karena penegak hukum saja tidak bisa menegakkan hukum. Jadi meskipun hak kebebasan berorganisasi telah dijamin namun bagaimana buruh mau memperjuangkan haknya kalau selalu dikriminalisasikan. Padahal kriminalisasi ini juga aneh karena selalu berlindung di pasal-pasal karet KUHAP,” ungkapnya.

Yusik kemudian menjelaskan isu kriminalisasi ini tidak hanya menimpa sektor buruh namun sudah merembet ke sektor lain. “Saat ini isu kriminalisasi ini bahkan sudah menimpa petani-petani di Malang juga. Contohnya di Malang selatan petani dikriminalisasikan melalui gugatan-gugatan yang sebenarnya tidak jelas. Misalnya dengan dalih memasuki pekarangan orang lain secara ilegal. Padahal tanahnya masih dalam persengketaan. Contoh lainnya petani dikriminalisasikan dengan dalih mencuri kayu. Padahal yang dimaksud mencuri kayu itu kan semacam penebangan ilegal namun petani yang memungut ranting dan kayu bakar malah juga dipidanakan,” paparnya.

Senada dengan Rendi dan Yusik, Ratmoko mewakili Serikat Buruh Se-Indonesia Malang Kucecwara (SBSI-M) menentang kriminalisasi tersebut. Baginya bila kriminalisasi dibiarkan maka akan semakin berbahaya karena akan merembet ke semua aktivis dan mempengaruhi penegakan hukum da perlindungan atas hak-hak normatif buruh.

Yusik lantas menambahkan bahwa ke depannya serikat buruh-serikat buruh di Malang tidak hanya akan melawan kriminalisasi buruh ini melainkan juga memperjuangkan agar pengusaha-pengusaha yang melanggar hukum ditindak tegas. “Kalau perlu dipenjarakan,” tegasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: