Hasil Pemilu Yunani: Kemenangan Rapuh Kelas Penguasa sementara Kekuatan Syriza tumbuh Semakin Besar – bag. ii

Alexis Tsipras dari Syriza

Kesimpulan yang bisa kita tarik dari analisis ini adalah Syriza bisa saja memenangkan pemilu bilamana kepemimpinannya dilengkapi dengan program aksi yang layak dalam kampanye pemilu serta, di atas semuanya, bila memiliki agenda politik yang tepat. Namun hal ini juga benar adanya bahwa kita telah memiliki capaian yang besar dan tak dapat diabaikan.[i]

Hal ini adalah yang pertama kali sejak kemenangan 24,2% oleh EDA (Eniaia Dimokratiki Aristera atau Persatuan Kiri Demokratik) di tahun 1958, EDA saat itu merupakan front KKE, suatu partai yang berada di dalam gerakan komunis telah memenangkan persentase demikian besar dalam pemilu, mematahkan penghalang sejarah dan mengungkap bahwa ide-ide sosialisme murni potensial menjadi mayoritas di dalam masyarakat.

Dalam beberapa minggu, kelas penguasa telah dihadapkan dengan keberadaan musuh politik yang kuat serta kelas pekerja telah bangkit sebagai kekuatan politik paling besar yang bisa mengubah masyarakat. Langkah besar ke depan ini jangan sampai tenggelam dalam kata-kata dan rasa frustasi karena hanya bisa menduduki peringkat kedua. Kita harus mendasarkan diri kita di atas langkah besar ke depan ini untuk menguatkan perjuangan kita dan bersiap untuk kekuasaan.

Ini bukan waktu dan tempat bagi kita untuk meneteskan air mata atau pun memaki-maki khususnya terhadap lapisan kelas pekerja yang tidak memilih kita. Kesalahan-kesalahan politik yang kita buat sangat jelas dan kita harus membenahinya. Tugas mendesak hari ini adalah untuk mendedikasikan diri kita dalam perjuangan untuk membangun partai massa revolusioner Syriza sebagai alat di tangan massa dan untuk transformasi masyarakat sosialis!

Hasil dari partai-partai lain

Kegagalan Syriza untuk menang merupakan konsekuensi alami karena suara PASOK dan Demokratik Kiri yang keluar. Namun ini bukan karena kepemimpinan Venizelos maupun Kouvelis, sebagaimana yang coba diyakinkan oleh media massa Borjuis. Sebaliknya hal ini merupakan cerminan kelemahan politik kepemimpinan Syriza dan ketidakmampuannya untuk meyakinkan secara politik kepada lapisan-lapisan kelas pekerja dan borjuasi kecil untuk memilih mereka. Jika saja kepemimpinan Syriza merepresentasikan program sosialis yang jelas maka suara untuk PASOK dan Demokratik Kiri pasti akan jatuh.

PASOK dalam pemilu Mei memenangkan 41 kursi kini turun menjadi 33 kursi. Secara persentase turun dari 13,18% menjadi 12,28%. Secara detil suaranya jatuh dari 833.527 suara menjadi 755.832 suara. Bagaimanapun juga di daerah-daerah seperti Attica (Athena, Piraeus…) PASOK tetap rendah yaitu di angka 7% hingga 8%. Termasuk di tingkat nasional di Thessaloniki dan Patras, penurunannya bahkan berlaku di seluruh kota lainnya. Semua ini mencerminkan bahwa PASOK telah tamat riwayatnya sebagai partai pemimpin massa pekerja Yunani.

Demokratik Kiri juga turun dari 19 kursi yang dimenangkannya dalam pemilu Mei lalu menjadi 17 kursi. Persentasenya turun dari 6,26% menjadi 6,11% serta jumlah total suara sebanyak 386.273 suara turun menjadi 385.079 suara. Dengan demikian kelas penguasa mampu bernafas lega ketika melihat serpihan ‘kiri’ ini selamat dan bisa diajak membentuk pemerintahan koalisi yang menerapkan pemotongan anggaran yang merugikan kelas pekerja. Bagaimanapun juga baik Kiri Demokratik maupun PASOK memang mau berpartisipasi mendukung pemerintahan baru Troika dan borjuasi Yunani, dan dengan demikian mereka akan segera kehilangan basis suara mereka. Dengan program berbeda dari kepemimpinan Syriza, hal ini bisa dicapai tanpa kelas pekerja perlu menempuh pengalaman menyakitkan dari koalisi dengan program sama dengan Papademos namun kali ini di bawah rezim perdana menteri Samaras.

Sedangkan Yunani Independen menunjukkan tanda-tanda penurunan serius. Ini mencerminkan dirinya sebagai partai borjuasi demagog oportunis, yang mencoba mencari keuntungan di tengah semangat “Anti Memorandum” dari Kelas Pekerja. Dibandingkan dengan pemilu Mei lalu, jumlah kursi yang diperolehnya turun dari 31 menjadi 20 kursi. Sementara secara persentase suaranya jatuh dari 10,61% menjadi 7,51%. Total penurunan suaranya adalah dari 670.957 suara turun menjadi 462.456 suara. Jelas bahwa kelas penguasa akan memberikan tekanan besar pada kariris borjuis partai ini agar mendukung pemerintahan yang dipimpin Samaras dan kembali ke ND. Tekanan ini akan mengungkap, sebagaimana kasus yang terjadi pada Samaras, bahwa tak ada partai borjuasi yang bisa jujur dan konsisten menentang pemotongan anggaran dari Memoranda.

Sayangnya, partai Neo-Nazi “Fajar Emas” terbukti masih bisa bertahan. Mereka memenangkan 18 kursi (turun dari 21 kursi dibandingkan pemilu Mei), dengan penurunan persentase dari 6,97% menjadi 6,92%. Ini berarti total suara dari 441.000 turun jadi 425.000 suara. Meskipun terdapat pemblejetan kepada publik mengenai wajah sebenarnya dari Fajar Emas di acara diskusi TV keika Kasidiari melakukan serangan fisik terhadap Liana P. Kanellis, kaum fasis ini mampu mempertahankan suara yang diraihnya. Penurunan yang tidak bisa dipulihkan dari LAOS (Laikós Orthódoxos Synagermós), partai ekstrim kanan, bersama dengan rasa frustasi yang menghinggapi mayoritas lapisan yang terbelakang secara politik dan dampak dari krisis kapitalis terhadap lapisan-lapisan kaum borjuis kecil, telah membuka ruang untuk kaum Neo-Nazi Yunani. Pembeberan tingginya tingkat korupsi di sistem parlementer borjuis, sebagaimana penciptaan ghetto-kawasan kumuh untuk imigran miskin di Athena dan di kota-kota besar lainnya, telah memberikan peluang bagi Fajar Emas untuk meraih keuntungan elektoral dari pembawaan anti-parlementer kasar dari kaum Borjuis kecil dan pengangguran yang terlumpenisasikan, khususnya lapisan pemudanya, yang tidak punya ingatan atau pengalaman atas rezim Junta Kolonel 1967-1974, apalagi terhadap pendudukan NAZI selama Perang Dunia (PD) II. Kini, bagaimanapun juga, tidak ada arus yang mengalir ke ekstrim kanan dan fasisme. Tak perlu dipertanyakan lagi, bahwa arus sosial paling kuat saat ini adalah arus yang mengarah ke Kiri khususnya ke Syriza.

Lusinan serangan terhadap aktivis kiri selama kampanye pemilu menunjukkan perlunya front perjuangan bersama dari kaum Kiri dengan serikat-serikat buruh melawan kaum Nazi ini. Hanya dengan tindakan demikian kita bisa menghentikan teror yang semakin tumbuh dari Fajar Emas. Fajar Emas jelas akan semakin berani setelah kesuksesan pemilunya dan akan meningkatkan kampanyenya dalam serangan anti imigran serta tindak kekerasannya terhadap aktivis kiri. Sel-sel fasis di dalam pemerintahan akan menyediakan perlindungan yang semakin besar untuk mereka. Dalam analisis final hanya dengan merebut kekuasaan ke tangan pemerintahan Kiri bersama, yang akan membubarkan aparat-aparat reaksioner dan represif negara saat ini serta menyediakan program revolusioner untuk memecahkan masalah-masalah pengangguran dan borjuasi kecil. Dengan demikian bisa menemukan solusi yang akan menghapus basis massa Fajar Emas serta memungkinkan tindakan politik yang akan menghukum semua formasi-formasi fasis.


[i] *tulisan ini merupakan terjemahan dari Greek elections: Fragile victory of ruling class while Syriza is enormously strengthened – Part Two yang dimuat In Defence of Marxism dan ditulis oleh Dewan Editorial Marxistiki Foni di Athena, Yunani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: