Kaum Pekerja Media di Yunani Mengambil Alih Stasiun Radio dan Televisi Negeri

Kaum Pekerja Media di Yunani Mengambil Alih Stasiun Radio dan Televisi Negeri

Kaum pekerja perusahaan penyiaran helenis atau Ελληνική Ραδιοφωνία Τηλεόραση, Ellinikí Radiofonía Tileórasi (ERT) di Yunani menolak penutupan stasiun radio dan televisi yang dilakukan pemerintah secara sepihak pada 11 Juni 2013. Upaya penutupan ini diakibatkan skema pengetatan anggaran pemerintah Yunani yang akan mengakibatkan 2.656 pekerja media akan dipecat, baik itu wartawan, penyiar, teknisi, seniman, dan semua pekerja yang bekerja di sektor media massa lingkup operasi ERT. Padahal stasiun radio dan televisi ERT selama ini dibiayai negara dimana dananya diambil dari iuran rakyat.

Yunani sebagai salah satu mata rantai terlemah dari kapitalisme di Eropa memiliki pemerintah yang tidak berbeda dengan rezim kapitalis Eropa lainnya. Dalam masa krisis kapitalisme, rezim pemerintahan Antonis Samaras, selalu mengorbankan rakyat pekerja demi kepentingan kelas penguasa, salah satu caranya adalah memotong anggaran yang bernilai vital bagi kebutuhan rakyat pekerja, termasuk dalam hal media massa publik. Namun kali ini kaum pekerja Yunani tidak tinggal diam. Merespon hal ini pada 12 Juni 2013 kaum pekerja stasiun radio publik ERT bergerak menduduki tiap bangunan ERT termasuk stasiun radio dan televisi serta mengambilalihnya ke tangan kontrol buruh. Aksi ini tidak hanya didukung oleh kelas pekerja namun juga diperkuat oleh partisipasi kaum pemuda mahasiswa, keluarga pekerja, dan warga sekitar.

Kaum pekerja ERT dengan ini berhasil menorehkan catatan sejarah dengan membawa stasiun penyiaran mereka sebagai stasiun penyiaran pertama di Eropa yang dikuasai oleh kaum pekerja. Stasiun radio dan televisi ERT kemudian tetap dijalankan dengan kontrol buruh dan partisipasi demokratis rakyat Yunani. Terlepas dari masih banyaknya kendala, siaran ERT  kini disebarluaskan dengan menggunakan satelit dan livestreaming internet.

Kelabakan dengan aksi kaum pekerja, Perdana Menteri Yunani, Antonis Samaras mengajukan tawaran kompromi bahwa pemerintah akan membatalkan penutupan ERT dan akan membentuk komite darurat yang akan mempekerjakan beberapa pekerja yang lolos seleksi. Tawaran ini ditolak mentah-mentah oleh kaum pekerja ERT. Kaum pekerja ERT mengajukan gugatan kepada Dewan Negara (sebagai mahkamah hukum tertinggi di Yunani) yang dikabulkan kemenangannya pada 17 Juni 2013. Dewan Negara kemudian membatalkan keputusan pemerintah, menyatakan bahwa tindakan pemerintah tersebut melanggar hukum, serta memerintahkan Menteri Keuangan Yunani serta semua menteri terkait media menandatangani keputusan untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjamin keberlanjutan jasa dan aktivitas penyiaran dalam kerangka pelayanan kepentingan umum.

Masih terkait dengan rangkaian peristiwa tersebut, Majelis Umum Pekerja Ansambel Musik Stasiun Penyiaran (sebagai bagian dari kaum pekerja ERT) kemudian mengeluarkan resolusi berikut:

  1. Jadikan ERT sebagai stasiun radio dan stasiun televisi otonom milik rakyat Yunani. Dengan demikian ERT akan menyuarakan kepentingan rakyat tertindas Yunani.
  2. Jadikan ERT sebagai alat demokrasi sejati untuk mengaspirasikan cita-cita rakyat akan Demokrasi dan Kemerdekaan.
  3. Bentuk Dewan Pengurus yang dipilih dan bisa ditarik (di-recall) sewaktu-waktu oleh secara langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Dewan ini akan menjaga keanekaragaman dan pluralisme di atas landasan Demokrasi dan Kemerdekaan Nasional sebagaimana tercantum dalam hukum pendirian ERT S.A. 1730/87.
  4. Aktifkan kembali Majelis Perwakilan Kontrol Sosial (ASKE) dari Dewan Pengawasan yang akan mengontrol dan memantau Dewan Pengurus ERT.

Setiap rakyat Yunani harus memiliki akses dan hak yang tak dapat dicabut untuk menyatakan pendapat dan permasalahannya melalui radio dan televisi rakyat Yunani.

Ansembel Musik selalu melakukan tugasnya untuk mengangkat perasaan rakyat Yunani melalui kebudayaan, karakter, seni, dan tradisi Yunani, yang selama melalui masa peralihan politik, telah diserang dengan brutal oleh setiap bentuk mekanisme politik, yang bekerjasama dengan sampah telebisi swasta, telah menghancurkan semua latar belakang berdasarkan nilai-nilai luhur masyarakat kita.

Kami tidak akan membiarkan mereka menghapus ansambel musik ERT, sebagai suatu oase peradaban dan benteng pertahanan kemajuan kebudayaan dan intelektual.

tertanda

Kaum Pekerja Ansambel Musik ERT

Kaum Pekerja ERT Yunani Menduduki Stasiun Radio dan Televisi 06

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber:

·         Leonidas Oikonomakis, Occupy ERT: The Revolution Will Be Televised, 14 Juni 2013, http://roarmag.org/2013/06/occupy-ert-the-revolution-will-be-live-streamed/

·         Matthaios Tsimitakis, The Greek Government Tried and Failed to Close Their PBS, http://www.vice.com/read/shutting-down-ert-could-bring-the-collapse-of-the-greek-government

·         Hellenic Broadcasting Corporation, http://en.wikipedia.org/wiki/Hellenic_Broadcasting_Corporation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: