Revolusi Kedua Menjatuhkan Presiden Mesir

Revolusi Kedua Menjatuhkan Presiden Morsi

Sameh Naguib

Sameh Naguib dari Sosialis Revolusioner melaporkan dari Kairo, dimana peringatan massa menyambut jatuhnya presiden Muhammad Morsi terjadi pada Rabu 4 Juli 2013, malam kemarin.

Kita baru saja menyingkirkan presiden kedua Mesir hanya dalam waktu kurang dari 30 bulan. Inilah revolusi kedua, suatu gerakan massa berjuta rakyat Mesir. Skala mobilisasinya tak tertandingi.

Di atas jalanan, rakyat Mesir meraih kembali rasa percaya diri dalam kemampuan mereka untuk mengubah sejarah. Ini merupakan situasi yang kontradiktif. Secara normal kita bisa menyebut bahwa telah terjadi kudeta militer. Tentara secara resmi telah menahan presiden dan 77 pimpinan Ikhwanul Muslimin.

Sebenarnya Militer Mesir melakukan campur tangan untuk menyelamatkan diri mereka sendiri dari gelombang revolusi baru. Namun pada saat yang bersamaan juga terjadi pemberontakan kerakyatan massa. Rakyat memaksa Militer untuk bertindak dan Militer bertindak hanya karena Militer khawatir tentang masa depan mereka sendiri. Ini adalah kedua kalinya mereka melakukan hal yang sama. Militer Mesir sudah kehabisan pilihan. Bila Morsi merupakan suatu kegagalan maka alternatif borjuis seperti Muhammad El Baradei juga berada dalam posisi lemah. Ini bukanlah akhir demokrasi dan bukanlah kudeta militer sederhana. Revolusi sebenarnya merupakan suatu proses demokratis ekstrim. Pemilihan umum dalam tiap sekian tahun cuma sekedar banyolan bila dibandingkan dengan revolusi. Proses inilah yang berusaha dipenggal oleh Militer Mesir.

Sesuai rencana, kelas pekerja Mesir besok akan melancarkan Pemogokan massa. Pekerja bus dan kereta, buruh semen, dan pekerja Terusan Suez semua akan mogok kerja. Dengan demikian aksi massa di Mesir dapat berkembang menjadi pemogokan massa dimana demonstran utamanya terdiri dari kelas Pekerja Mesir.

Revolusi belum berakhir

Saat kini euforia ada di udara, dan rakyat menyoraki kaum tentara. Namun mereka yang merayakan di jalanan bukanlah orang bodoh. Mereka sepenuhnya sadar apa yang telah dilakukan polisi dan tentara di masa silam.

Harapan akan perubahan kini tengah membumbung tinggi. Lebih tinggi daripada saat rakyat Mesir berhasil menjatuhkan Mubarak. Namun kemungkinan pemerintahan baru akan mampu menawarkan reforma-reforma sejati sangatlah terbatas.

Rakyat Mesir kini merasa kuat dan besar akibat aksi massa yang mereka lakukan selama beberapa hari belakangan. Mereka telah menggulingkan presiden hanya dalam satu tahun setelah dia terpilih karena presiden Morsi tidak mampu memenuhi janjinya dan tidak mampu memenuhi kebutuhan rakyat. Bilamana rezim baru nanti tidak ada bedanya dengan dua rezim sebelumnya, maka rakyat akan kembali bergerak.

Aksi Massa 30 Juni Anti Morsi

*tulisan ini dibuat oleh Sameh Naguib salah satu pimpinan organisasi Sosialis Revolusioner di Mesir. Pertama kali dimuat di socialistworker.co.uk. Diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan dipublikasikan di Bumi Rakyat 4 Juli 2013. Bumi Rakyat tidak memiliki hubungan sama sekali dengan Sosialis Revolusioner maupun dengan socialistworker.co.uk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: