Organisasi Buruh Lintas Bangsa Demo Adidas Hongkong

Organisasi Buruh Lintas Bangsa Demo Adidas Hongkong

Senin, 15 Juli 2013, berbagai organisasi buruh lintas bangsa melakukan aksi di Hongkong, menuntut Adidas memberikan kompensasi dan meningkatkan kondisi kerja kaum buruh Guangzhou. Globalization Monitor (GM) bersama dengan lebih dari sepuluh organisasi buruh lainnya berunjuk rasa di depan kantor Adidas Hongkong mengecam pengabaian tanggung jawabnya terhadap nasib para buruh Adidas. GM yang merupakan organisasi non pemerintah (Ornop) menyatakan bahwa para buruh di perusahaan-perusahaan sekunder Adidas menderita keracunan pneumoconiosism keracunan benzene, ketulian akibat keracunan bahan kimia, serta penyakit vibrasi tangan dan lengan atau HAVS. Hingga kini sudah tiga buruh di Taiwan yang meninggal bukan saja diakibatkan oleh buruknya kondisi kerja namun juga akibat penangguhan upah dan ongkos perawatan kesehatan.

Sementara itu pada hari yang sama, kelompok-kelompok buruh Taiwan dan para pekerja Tionghoa juga berunjukrasa di toko-toko serta kantor-kantor adidas setempat. Mereka semua mengusung tiga tuntutan yang sama. Pertama, berikan kompensasi secepatnya bagi para pekerja Tionghoa yang menderita penyakit akibat buruknya kondisi kerja di perusahaan pemasok Dynamic Casting dan Stella Footwear di Taiwan yang berafiliasi juga dengan Adidas. Kedua, tingkatkan kondisi dan lingkungan kerja serta produksi. Ketiga, laksanakan restrukturisasi komprehensif di Industri.

Aksi ini melibatkan buruh dari lintas kebangsaan karena buruknya kondisi kerja dan kesewenang-wenangan juga menimpa para buruh Adidas dan buruh anak perusahaan Adidas di berbagai tempat dan negara lainnya. PT Panarub Dwikarya, anak perusahaan Adidas di Indonesia, baru saja melakukan pemecatan secara sepihak terhadap 1.300 buruhnya, sebagaimana yang dilaporkan oleh Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI). Kesewenang-wenangan ini juga diperaparah oleh rendahnya keamanan kerja dan kesejahteraan buruh di tempat-tempat kerja yang bersangkutan.

Fakta ini ditegaskan dengan laporan Greenpeace, organisasi pecinta lingkungan internasional, yang memasukkan Adidas dalam daftar perusahaan yang memiliki hubungan dengan fasilitas-fasilitas manufaktur tekstil penyebab polusi air di Tiongkok. Perusahaan selain Adidas yang juga masuk dalam daftar ini antara lain: Abercrombie & Fitch, Bauer Hockey, Calvin Klein, Converse, Cortefiel, H&M, Lacoste, Nike, Phillips-Van Heusen Corporation (PVH Corp) dan Puma.

Melalui aksi unjuk rasa ini, aktivis-aktivis buruh berhasil menemui pihak Adidas dan menyampaikan tuntutan-tuntutan mereka. Pihak Adidas berjanji meneruskan isu ini ke jajaran manajemen tertinggi di Adidas.

Sumber: Newsdesk.asia, “Protesters storm Adidas over use of toxic chemicals, unfair labor practices”, dan Julius Choo Choon Kai, “20130715 Action in HK against Adidas”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: