Doug Lorimer 1953-2013

Doug Lorimer 1953-2013

Kaum Kiri Australia baru saja kehilangan seorang kamerad revolusioner yang luar biasa. Doug Lorimer, seorang aktivis sosialis yang mendedikasikan hidupnya selama 42 tahun sekaligus seorang penulis dan penyebar gagasan-gagasan Marxisme, meninggal dunia di Sydney pada Ahad 21 Juli setelah kesehatannya memburuk selama setahun. Doug mencurahkan hidupnya untuk memperjuangkan sosialisme dan berjuang membangun suatu partai revolusioner untuk memenangkan revolusi sosialis tersebut.

Sejak SMA, Doug Lorimer sudah merupakan seorang pemberontak. Dia sempat ditangkap pada September 1970 karena terlibat dalam unjuk rasa menentang Perang Vietnam. Tahun selanjutnya, ia kemudian bergabung dengan Socialist Youth Alliance atau Aliansi Pemuda Sosialis (organisasi sayap pemuda dari Socialist Workers League (SWL) atau Liga Pekerja Sosialis, yang kemudian menjadi Partai Sosialis Demokratis (DSP)). Tiga tahun berikutnya, Doug dipercaya dan diangkat sebagai anggota penuh dari Komite Nasional pada Konferensi Nasional Ketiga SWL di bulan Januari.

Protes Anti Perang Vietnam

Pekerjaan Doug sangatlah banyak. Doug mengorganisir banyak cabang DSP, bekera di kantor nasional partai, dan secara berkala bertugas sebagai editor koran DSP yaitu Direct Action atau Aksi Langsung serta koran berikutnya, Green Left Weekly atau Mingguan Kiri Hijau. Selain itu ia juga sempat bertugas selama dua tahun di pusat Internasional Keempat di Paris.

Namun peran utama yang dijalankannya dengan sangat baik adalah dalam hal pendidikan serta penulisan teori-teori Marxis. Dia adalah salah satu kamerad DSP yang menjalankan pekerjaan sekolah pendidikan penuh waktu selama 1981 hingga 1992 dimana di dalamnya sebanyak delapan hingga sepuluh orang kamerad mempelajari Marxisme selama empat bulan.

Bukunya yang paling penting adalah Fundamentals of Historical Materialism atau “Pokok-pokok Materialisme Historis: Pandangan Marxis terhadap Sejarah dan Politik”. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan juga diterbitkan di India dalam bahasa Inggris dan bahasa Hindi. Buku lainnya adalah Leon Trotsky Theory on Permanent Revolution: A Leninist Critique atau “Teori Trotsky mengenai Revolusi Permanen – Suatu Kritik Leninis”. Selain itu Doug juga merupakan seorang kamerad yang bertanggung jawab utama dalam perumusan dokumen-dokumen programatik DSP, termasuk Program DSP.

Doug menulis banyak artikel dan laporan penting, sebagian telah diterbitkan dalam bentuk pamflet, termasuk The Making of A Sect atau “Terbentuknya Suatu Sekte” (Analisis atas degenerasi atau kemerosotan dari Socialist Workers Party (Partai Pekerja Sosialis – Amerika Serikat) dan The Collapse of Communism in the USSR atau “Runtuhnya Komunisme di USSR”.

Berbagai buku, pamflet, dan laporan untuk kongres dan pertemuan-pertemuan Komite Nasional, serta banyak artikel analitis yang diterbitkan dalam buletin-buletin diskusi internal akan menjadi suatu materi pendidikan yang bernilai bagi generasi-generasi baru aktivis sosialis di tahun-tahun ke depan.

Doug adalah salah satu kamerad pertama yang menyatakan keraguan mengenai kebijakan dan keefektifan strategi partai kiri luas DSP, yang di kemudian hari berujung pada pembentukan Aliansi Sosialis atau Socialist Alliance pada tahun 2001. Empat tahun setelah konferensi Socialist Alliance, dia mengajukan bahwa sudah saatnya DSP menarik diri sebelum terkubur dalam Socialist Alliance. Para penganjur strategi partai kiri luas dalam DSP tidak setuju. Semenjak saat itu dimulailah debat politik sengit yang berkembang dalam DSP.

Setelah Kongres DSP pada tahun 2006, Doug adalah seorang pemimpin minoritas bernama Faksi Partai Leninis atau Leninist Party Faction yang menjalankan perjuangan internal untuk mengembalikan DSP sebagai suatu partai revolusioner sebagaimana yang dibangun sebelumnya.

Pada Mei 2008, Doug bersama dengan kamerad LPF lainnya dipecat dari partai yang menghabiskan 36 tahun dan masa dewasa hidupnya. Mereka kemudian membentuk Partai Sosialis Revolusioner atau Revolutionary Socialist Party dan Doug menjadi editor korannya, Direct Action.

Doug Lorimer di Indonesia

Doug juga sempat menjalankan berbagai sekolah Marxisme untuk kamerad-kamerad di Indonesia. Pada Agustus 2012 dia pergi ke Timor Timur selama tujuh minggu untuk menjalankan sekolah Marxisme dengan Partai Sosialis Timor. Saat itu dia sudah mulai menderita efek penyakit yang akhirnya merenggut hidupnya-penyakit Buerger, suatu penyakit yang diakibatkan dari kebiasaan merokok. (Sedari dulu Doug memang suka merokok).

Doug Lorimer dan Komiter Rakyat Bersatu

Socialist Alternative (SA) akan menyelenggarakan malam peringatan bagi Doug Lorimer di Sydney dan di beberapa kota lainnya, sebagaimana yang akan diumumkan di koran dwi-mingguan Socialist Alternative, Bendera Merah atau Red Flag.

 

Salam Merah, Doug Lorimer, selamat tinggal kamerad dan kawan yang baik.

*ditulis oleh John Percy, kawan seperjuangan Doug Lorimer, sekaligus sesama pimpinan DSP dan RSP. John Percy dan berbagai kawan lainnya kini bergabung dengan SA. Tulisan ini dimuat dalam situs SA dengan judul asli “Doug Lorimer, 1953-2013” dan diterjemahkan dan dimuat dalam bahasa Indonesia oleh Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: