Serangkaian Ucapan Bela Sungkawa untuk Doug Lorimer

Serangkaian Ucapan Bela Sungkawa untuk Doug Lorimer

Avelino da Silva – PST (Partai Sosialis Timor)

Kami mendengar kabar menyedihkan dari Kamerad Max Lane. Partai Sosialis Timor menyatakan duka cita yang mendalam dan menyadari bahwa kita semua yang memperjuangkan gagasan-gagasan sosialis tengah menghadapi kehilangan tak terkira atas perginya seorang revolusioner hebat dalam alur perjalanan kita untuk memperjuangkan tatanan masyarakat baru. Maka hal-hal pokok yang perlu dilakukan untuk selalu mengingatnya dalam ruang dan waktu kehidupan adalah dengan memikirkan semua gagasannya dan melanjutkan semua kerjanya untuk mematerialisasikan perwujudan sosialis dalam dunia kita di masa depan. Perkembangan saat ini menunjukkan bahwa kapitalisme tengah mengalami krisis besar namun bilamana kita tidak menyatukan kekuatan, bilamana kita tidak cukup keras belajar untuk melanjutkan perjuangan maka sudah pasti kita akan gagal dalam semua alur proses historis. Maka dalam momen istimewa ini saat kita semua, meskipun tidak dapat hadir di Sydney Australia, mengiringi pemakaman kamerad besar kami dalam perjuangan untuk Revolusi Sosialis dan dengan berkomitmen pada diri sendiri untuk memperjuangkan gagasan-gagasan sosialis dan realisasinya sebagaimana yang selama ini selalu diyakini oleh Kamerad Doug Lorimer hingga detik terakhir hidupnya. Demikianlah satu-satunya cara mengenangnya sebagai seorang Marxis Revolusioner dan seorang Leninis.

 

Kawan-kawanmu di Partai Sosialis Timor

Politbiro Komite Sentral PST

 

Farooq Tariq – Sekretaris Partai Pekerja Rakyat (Pakistan) atau Awami Workers Party (عوامی ورکرز پارٹی)

Sangat sedih kami mendengar kabar tragis kematian kawan Doug Lorimer. Partai Pekerja Rakyat dengan ini menyatakan duka cita yang mendalam kepada kawan-kawan dan keluarga Kamerad Doug Lorimer.

Doug Lorimer adalah seorang Sosialis yang sangat berdedikasi dan memperjuangkan seluruh hidupnya demi Australia dan dunia Sosialis. Dia sangat teguh dalam kerja-kerja membangun jaringan internasional dan pemahaman umumnya mengenai isu-isu yang kadang tidak begitu dipedulikan, begitu tinggi. Saya masih ingat bahwa ia menuliskan pamflet mengenai Kuba untuk memenuhi permintaan saya.

Saya sempat mencoba berbicara padanya melalui Kawan Merrilyn Treasure tahun lalu saat Doug jatuh sakit namun sayangnya saya tak mampu mengucapkan salam dan harapan agar dia cepat sembuh dan kembali sehat.

Benar-benar suatu kabar yang sedih

 

Dari kawanmu,

Farooq Tariq

 

Charles-André Udry – Gerakan untuk Sosialisme – Movement for Socialism (MPS, Swiss)

Saya baru saja menerima kabar sedih bahwa Doug Lorimer sang kiri revolusioner Australia baru saja meninggalkan kita. Saya mengingatnya dengan sangat baik, ia adalah seorang kawan revolusioner sejati dan bersedia berdebat kapanpun kita tidak sepakat dan juga selalu bersedia menghentikan perdebatan demikian kapanpun dibutuhkan.

Sebagai seorang revolusioner sosialis Australia, dia selalu memikirkan revolusi Asia dan proses sosial di Asia. Bukunya mengenai degenerasi SWP adalah karya penting bagi semua kamerad Eropa untuk memahami pentingnya kelas pekerja Amerika dalam proses perjuangan internasional melawan kelas penguasa, imperialisme, dan dalam menggalang solidaritas internasional. Antusiasme dimana dengannya ia berpartisipasi dalam proses persatuan antara Partai Sosialis Revolusioner (Revolutionary Socialist Party atau RSP) dengan Alternatif Sosialis (Socialist Alternative atau SA) merupakan ekspresi sempurna tanggung jawab dan sikap revolusionernya. Kita harus menghormati hidupnya dalam kaitannya tidak hanya dengan keyakinannya namun juga dalam caranya berusaha menerapkannya dalam politik sehari-hari. Saya harap semua sumbangsihnya terus berkembang dalam proyek revolusioner baru yang kalian teruskan.

Tembakan balasan atas kesedihan kita akan dilaksanakan oleh tindakan-tindakan di masa depan oleh semua kawannya di Australia, Asia, dan di seluruh penjuru dunia lainnya.

 

Charles-André Udry

 

Malik Miah – Mantan Pimpinan Partai Pekerja Sosialis Amerika Serikat (United States Socialist Workers Party atau USSWP)

Hormat setinggi-tingginya untuk Kamerad Doug Lorimer

Saya pertama kali bertemu Doug lebih dari 30 tahun silam pada konferensi Partai Pekerja Sosialis di Amerika Serikat. Ia dan Jim Percy, pendiri utama Liga Pekerja Sosialis adalah bagian dari kelompok pemimpin internasional yang mendiskusikan plitik dan perspektif gerakan Trotskyis internasional. Saya mengingat Doug atas analisis sekaligus lidahnya yang tajam saat mendiskusikan dan memperdebatkan isu-isu politik dan teoritik. Apapun perbedaan di antara kami saat itu dan di tahun-tahun kemudian, Doug tetap seorang kawan yang bersahabat.

Doug berpisah jalan saat SWP memutuskan hubungan dengan SWL terkait invasi Uni Soviet ke Afghanistan. Pimpinan SWP melakukan serangan yang sangat aneh terhadap integritas politik para pimpinan Australia karena mereka tidak lagi setuju dengan kami. Saya tidak pernah sepenuhnya memahami apa perlunya menghindari Jim, Doug, dan para pimpinan Australia lainnya di pertemuan-pertemuan internasional. Kita telah bekerjasama dengan kawan-kawan ini selama lebih dari sepuluh tahun. Kemudian hari saya sadar bahwa masalahnya ada pada SWP bukan kawan-kawan Australia kami.

Kelak setelah saya dipecat dari SWP saja berhubungan kembali dengan Doug dan para pimpinan Perspektif Sosialis Demokratis (DSP) pada awal 90an. Saya lega melakukannya dan saya melakukan beberapa perjalanan ke Sydney untuk menghadiri konferensi-konferensi DSP. Selain itu saya juga mulai menulis beberapa artikel kontribusi ke koran Mingguan Kiri Hijau (Green Left Weekly) dan jurnal pembaruan sosialis internasioal LINKS.

Meskipun saya memiliki beberapa perbedaan dengan kawan-kawan, diskusi kami terkait isu Trotskyisme, teori Revolusi Permanen, pertanyaan nasional menyangkut hak-hak kaum Aborijin dan rakyat tertindas Australia lainnya terkait hak penentuan nasib sendiri dan taktik-taktik serikat, tidak sedikitpun ada perseteruan di antara kami. Kami terlibat dalam diskusi ini dalam semangat antar kamerad yang bersahabat. Kami selalu makan dan minum bersama setelahnya. Tidak ada perseteruan pribadi di antara kami. Tak ada sedikitpun sisa-sisa perselisihan sebagaimana yang dulu saya alami di SWP AS.

Bisa saya katakan bahwa semua diskusi saya dengan Doug sangat dinamis dan mencerahkan. Saya suka dengan kawan-kawan lainnya yang mengenal dan bekerjasama dengan Kamerad Lorimer. Dia adalah seorang Marxis Revolusioner yang benar-benar berdedikasi sekaligus seorang teladan bagi generasi baru aktivis sosialis di masa depan.

 

Malik Miah, San Francisco, Amerika Serikat.

 

Robert Clough – Kelompok Komunis Revolusioner (Revolutionary Communist Group – Inggris)

Kelompok Komunis Revolusioner menyatakan berduka cita mendengar kabar kematian Doug Lorimer. Kawan kami sempat bertemu dengannya saat ia berkunjung ke sini dan beberapa orang diantara kami sempat menggunakan kritiknya yang sangat menyeluruh mengenai teori revolusi permanen demi memperdalam pemahaman atas konsep revolusi tak terinterupsi Lenin.

Kini kian sedikit generasi revolusioner di negara imperialis yang terus berada di jalan perjuangan. Banyak yang sudah tergoda bujuk rayu demokrasi sosial (sosdem) sehingga kita sangat kehilangan seseorang yang terus memegang teguh prinsip-prinsipnya. Bersamamu kami berduka cita atas kematian yang merenggut kawan kita.

 

Saudara seperjuanganmu

Robert Clough

 

*diterjemahkan dari catatan (notes) John Percy. Kawan seperjuangan Doug Lorimer dan sesama anggota RSP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: