Serikat Buruh Tunisia Ultimatum Pemerintah untuk Mundur dalam Sepekan

Serikat Buruh Tunisia Ultimatum Pemerintah untuk Mundur dalam Sepekan

Serikat Buruh Tunisia Ultimatum Pemerintah untuk Mundur dalam Sepekan

Serikat Buruh Umum Tunisia (UGTT) mengeluarkan ultimatum kepada pemerintahan yang dipimpin oleh rezim islamis untuk memilih membentuk pemerintahan teknokrat atau digulingkan massa. Serikat buruh yang keanggotaannya mencapai sekitar 600.000 orang ini telah berupaya berunding antara partai Ennahda yang berkuasa di satu sisi dengan kalangan oposisi sekuler di sisi lain yang juga menuntut penggulingan pemerintah beserta pembubaran Majelis Konstituen transisional yang kini hanya sepekan lagi sebelum menuntaskan dan mengesahkan rumusan konstitusi yang baru.

Ketegangan di Tunisia semakin meningkat sejak pembunuhan terhadap aktivis politik kiri pekan lalu. Pembunuhan terhadap aktivis politik ini merupakan kedua kalinya dalam satu semester. Ketegangan-ketegangan politik ini diiringi dengan bentrokan-bentrokan antara massa dengan militer di sepanjang perbatasan Aljazair dan berpotensi mengusik transisi politik demokratis yang dimulai sejak rakyat Tunisia berhasil menggulingkan presiden otokratis pada 2011.

UGTT yang dianggap lebih dekat dengan kalangan oposisi telah menawarkan kompromi yang akan menempatkan pemerintahan teknokrat namun tetap mempertahankan Mejelis. Bagaimanapun juga Badan Transisional akan memberikan skala waktu yang dipercepat untuk menuntaskan konstitusi dan hukum pemilihan umum (pemilu) yang baru.

“Kami akan terus melanjutkan pembicaraan dan bilamana tuntutan kami untuk mengubah pemerintahan dan menerapkan jangka waktu untuk Majelis Konstituen tidak dipenuhi maka hanya ada pilihan lain yang akan kami ambil secara paksa,” kata wakil pemimpin UGTT, Bou Ali Mbarki pada saluran tv lokal Nesma TV, tanpa memberi penjelasan lebih rinci apa pilihan lain tersebut.

UGTT adalah salah satu kekuatan ekonomi politik terbesar di Tunisia. Satu pemogokan sehari saja bisa mengakibatkan kerugian negara sebesar jutaan dolar dan menjatuhkan nilai tukar mata uangnya terhadap dolar. Meskipun kedua belah pihak berupaya mencapai kesepakatan namun kedua belah pihak tetap bersikeras mempertahankan pendiriannya masing-masing. Bahkan keduanya merencanakan demonstrasi susulan.Ennahda, partai Islamis moderat, telah menolak menyingkirkan perdana menteri, apapun kesepakatannya. Sementara itu tokoh-tokoh oposisi tekap bersikeras mendesakkan tuntutan mereka untuk membubarkan Majelis.

Perlawanan Tunisia yang meraih kemenangannya pada tahun 2011 lalu memantik gelombang perlawanan di seluruh kawasan. Tunisia yang dipandang sebagai model transisi antara negara-negara Arab semenjak meletusnya gelombang revolusi di Timur Tengah atau yang dikenal sebagai “Arab Spring” kini semakin mengalami peningkatan konflik politik dan perluasan pergolakan.

Sementara itu pasukan-pasukan militer Tunisia mengalami bentrokan dengan para militan di dekat perbatasan Aljazair pada Kamis, 1 Agustus 2013. Ini sudah merupakan konflik bentrokan kedua dalam sepekan. Dua hari sebelumnya, kaum militan menyerbu dan membunuh delapan tentara dekat perbatasan Aljazair. Sementara itu bom rakitan meledak di Tunis. Ini pertama kalinya Ibukota mengalami serangan demikian meskipun tak ada satupun yang terluka.

Ketegangan politik juga memicu bentrokan dengan kekerasan semenjak mobilisasi protes massal oleh kelompok oposisi di berbagai kota. Sedangkan di selatan ibukota, kedua belah pihak demonstran saling melempar batu ke arah satu sama lain bahkan demonstrasi pecah menjadi tawuran jalanan.

*diterjemahkan dari Reuters, “Tunisian union gives government one week to step down”, 1 Agustus 2013. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dipublikasikan Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: