Revolusi Kami – Revolusi Rakyat untuk Kebebasan, Kesetaraan, dan Keadilan Sosial serta Menentang Semua Jenis Absolutisme

Revolusi Kami - Revolusi Rakyat untuk Kebebasan, Kesetaraan, dan Keadilan Sosial serta Menentang Semua Jenis Absolutisme

Pertama-tama terimakasih pada Kamerad Lee Q. Simon dan Matthew Richarson atas bantuannya dalam menerjemahkan pernyataan yang ditulis oleh  kawan-kawan Gerakan Kiri Revolusioner cabang Suriah di Salamyah yang disebarkan dengan meluas pada Jumat 2 Agustus 2013 pada demonstrasi-demonstrasi Jumat melawan rezim penguasa di kota Salamyah.

Dua tahun lebih telah berlalu, revolusi kerakyatan rakyat dan pemuda Suriah telah dikobarkan melawan rezim otoriter korup yang memonopoli kekuasaan, kekayaan, dan hak publik di Suriah, sembari menindas semua kerja politik, sosial, dan kultural dari kaum oposisi independen demi kepentingan klik borjuis kecil. Proses pemiskinan massa rakyat Suriah telah diperluas melalui penerapan kebijakan-kebijakan liar neo-lberal yang dipercepat selama kekuasaa Bashar Al-Assad, yang menyertakan privatisasi berbagai sektor termasuk sektor pendidikan dan kesehatan.

Kaum borjuasi Suriah telah berkembang selama bertahun-taun dengan dicangkokkan oleh junta kediktatoran. Meskipun 50.000 orang dari kelas ini telah kabur keluar negeri dan memboyong harta yang dicuri oleh pencoleng negeri kita, kelas borjuis secara keseluruhan tetap berkomitmen untuk mempertahankan rezim lama. Merespon hal demikian, intifada (perlawanan) kami telah tumbuh sejak tahun 2006 dan pertumbuhan tersebut diiringi dengan pertumbuhan protes massa dan pemogokan massa.

Revolusi rakyat yang meletus pada Maret 2011 merupakan revolusi tipikal yang terjadi di seluruh kawasan: damai dalam tuntutan dan mekanismenya. Terhadap tuntutan kami yang menghendaki kebebasan, kehormatan, dan keadilan sosial, rezim menjawab dan terus menjawab dengan kekerasan berdarah-darah. Maka wajar bahwa dalam menghadapi politik bumi hangus yang brutal dari junta penguasa, suatu perlawanan rakyat bersenjata harus bangkit untuk melindungi kaum demonstran dan lingkungan mereka. Kita juga menyaksikan kemunculan takfiri, jihadis, dan kelompok-kelompok sektarian lainnya, kelompok-kelompok yang ditolerir dan sering dibantu oleh rezim lama. Kelompok-kelompok ini masih merepresentasikan suatu minoritas dalam gerakan revolusioner lebih luas, namun harus dikatakan bahwa mereka telah menjadi bagian kontra-revolusi dan menjadi ancamanan nyata bagi revolusi rakyat sekaligus menjelma menjadi perpanjangan rezim lama yang menindas. Tidak lama sebelumnya terdapat beberapa prites rakyat melawan Dewan-Dewan Syariah yang regresif (mundur) dan melawan jihadis-jihadis sektarian takfiri demikian di banyak kota di Suriah dan rakyat menyatakan bahwa keberadaan mereka bersifat kontra-revolusioner sebagaimana pula konflik bersenjata antara mereka dengan Free Syrian Army (FSA atau Tentara Suriah Merdeka) yang menunjukkan bahwa kehendak revolusioner menuntut suatu konfrontasi dengan tenaga kontra-revolusioner fasis yang harus dihancurkan.

Rezim terus melanjutkan penghancuran terhadap kota dan desa untuk memicu penyingkiran populasi dengan disertai penangkapan dan pembunuhan. Rezim penguasa dan proyeknya sepenuhnya didukung oleh sekutu-sekutunya yaitu Rusia, Iran, Iraq, dan Hizbullah. Sungai darah rakyat Suriah tidak akan meyakinkan mereka untuk mencampakkan Assad. Di sisi lain Barat dan sekutu-sekutunya tengah sibuk di kawasan, bekerja mencari kompromi dan kesepakatan sembari menyatakan simpatinya pada rakyat Suriah. Mereka ingin memaksakan perubahan atas ke bawah (top down) dan perubahan parsial terhadap sistem yang berlaku, ini merupakan isi dari kesepakatan Jenewa Juni lalu. Mereka berkolaborasi sejak Mei lalu dengan sekutu-sekutu rezim untuk membuka kembali negosiasi-negosiasi. Kekuatan-kekuatan regional dan internasional demikian membentuk struktur-struktur oposisi politik, seperti Dewan Nasional dan Koalisi Nasional, yang terikat dengan kepentingan mereka. Dua aktor ini telah diberi penerimaan penuh dari negara-negara ini dalam konteks berunding dengan Rusia dan rezim otoritarian. Kenyataannya pemain-pemain regional dan kekuatan-kekuatan Barat ini tidak tertarik sama sekali untuk menyaksikan kemenangan revolusi rakyat di Suriah. Karena kemenangan demikian akan membuat marah perimbangan kekuasaan di kawasan dan berpotensi menyebarkan api revolusi ke negara-negara imperialis lainnya di kawasan, ke negara-negara Teluk dan Arab Saudi di satu sisi, serta ke negara Zionis di sisi lain.

Revolusi kita yang besar telah dibuat yatim piatu. Revolusi kta tidak memiliki dukungan sejati dan yang bisa diandalkan selain dari gerakan-gerakan revolusioner di negara-negara tetangga. Kita harus belajar mengandalkan diri kita sendiri dan potensi besar rakyat kita.

Meskipun terdapat bahaya-bahaya dan rintangan-rintangan demikian, revolusi kita tetap teguh dalam mempetahankan tujuan-tujuan aslinya: penggulingan rezim, pembangunan sistem demokratis sejati yang berkomitmen untuk menghargai kebebasan-kebebasan mendasar, mempromosikan keterlibatan politik partai-partai, kebudayaan, serikat-serikat, mempromosikan hak-hak perempuan dan hak-hak kaum minoritas, kebebasan beragama dan mempromosikan hukum di atas landasan pemisahan agama dan negara, berjuang melawan sektarianisme serta mewujudkan kesetaraan dan keadilan sosial.

Kita tidak mau kembali ke masa penindasan, pengekangan, dan tirani, betapapun berliku jalan, tantangan, dan kemunduran sementara yang harus dihadapi revolusi kita. Kita tidak akan berbalik karena revolusi kita telah berakar dalam dalam perjuangan tidak hanya untuk menuntut kesetaraan politik namun juga kesetaraan sosial dan ekonomi pula. Akar-akar ini akan mendorong kita tumbuh dan maju selama bertahun-tahun ke depan. Gerakan kerakyatan kita telah terbukti mampu menciptakan bentuk dan jaringan swa-organisasi dan swa-kelolanya sendiri. Terlepas adanya fitnah terhadap dewan-dewan sipil lokal kita, bentuk-bentuk kepemimpinan kerakyatan dari massa rakyat pekerja demikian pada kenyataannya merupakan warisan perjuangan setempat dan bagian dari kesadaran revolusioner kita bagi masa kini dan masa depan. Kami menyerukan demokrasi dari bawah demikian untuk mengantisipasi datangnya sosialisme dari bawah, yang kami perjuangkan.

Sejak awal sekali, terlepas dari kapasitas-kapasitasnya yang sederhana, Gerakan Kiri Revolusioner tak sekalipun terhuyung-huyung dalam keterlibatannya dalam revolusi, menyerukan demokrasi dan sosialisme. Kami telah berjuang bersama rakyat dan semua angkatan demokratis demi kemenangan revolusi kerakyatan yang besar ini sebagaimana kami juga berjuang untuk pembentukan partai pekerja sosialis kerakyatan bagi partainya rakyat pekerja, bagi partainya sosialis revolusioner. Kami menyerukan kepada semua revolusioner dan sosialis untuk bergabung dengan kami dan menunaikan dua tugas mulia ini.

 

Melayani kaum martir, menyembuhkan yang terluka, membebaskan semua tawanan.

 

Menangkan Revolusi Rakyat!

 

Semua kekuasaan dan kesejahteraan untuk Rakyat!

 

Gerakan Kiri Revolusioner di Suriah, cabang Hama-Salamyah

 

Jumat, 19 Juli 2013.

*diterjemahkan dari Syria Freedom Forever berjudul “Our Revolution: A popular revolution for freedom, equality and social justice and against every kind of absolutism“. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dipublikasikan kembali melalui Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: