AS: Partai Buruh Independen Sapu Bersih Pilda Ohio

AS - Partai Buruh Independen Sapu Bersih Pilda Ohio

Keretakan dalam pondasi rapuh sistem dua partai di AS kembali terungkap. Suatu pemilihan daerah (Pilda) di Kabupaten Lorain, Ohio, menampilkan hasil kemenangan telak Buruh Independen. Sebanyak 24 kandidat Partai Buruh Independen berhasil memenangkan pemilihan. Hasil Pilda ini sepenuhnya diabaikan oleh kantor-kantor media besar. Mengapa? Karena ini menunjukkan saat terdapat alternatif perjuangan bagi mayoritas kelas buruh, yang didukung banyaknya serikat dan sumberdaya di belakangnya, maka rakyat pekerja akan merespon dengan antusias.

Kampanye elektoral berbasis serikat ini dipicu oleh serangkaian serangan oleh Dewan yang dikuasai Partai Demokrat terhadap kaum buruh di kabupaten industrial ini yang merupakan daerah pabrik baja besar dan pabrik perakitan Ford. Dewan Kota memulai serangannya dengan menjungkirkan Perjanjian Buruh Proyek setempat yang dimenangkan oleh serikat buruh-serikat buruh untuk menjamin bahwa proyek-proyek konstruksi publik akan diserikatkan dan mempekerjakan buruh-buruh setempat serta kaum minoritas. Dewan Kota Demokrat yang mengaku “pro-buruh” kemudian malah secara aktif mematahkan pemogokan buruh sanitasi Teamster dimana beberapa pimpinan Partai Demokrat melakukan praktek Scabbing (merusakan aksi mogok dengan bekerja menggantikan buruh yang mogok kerja) dengan mengendarai truk-truk sampah yang mereka pinjam dari Dewan Kota Elyria, Dewan Kota daerah tetangga yang juga dikuasai Partai Demokrat.

Dewan Buruh Pusat Kabupaten Lorain (CLC) akhirnya mengatakan cukup sudah dan mengajukan kandidat-kandidat Partai Buruh Independen (ILP). CLC mampu menggunakan jaringannya dengan pelajar-mahasiswa dan buruh imigran dalam kampanye. Dengan mengusung seruan luas berbasis kelas, bahkan tanpa membawa “isu spesifik”, kandidat-kandidat ILP mampu memenangkan dukungan banyak orang yang dulunya memilih Partai Republik, Partai Demokrat, dan mereka yang dulunya tidak memilih keduanya.

Setelah tersungkur dalam kekalahan, para pimpinan Partai Demokrat setempat dengan gelap mata menyerukan agar para pimpinan serikat pembangkang untuk mundur dari posisi-posisinya di partai. Sementara itu CLC masih belum menyatakan apakah kelak akan mencalonkan kandidat-kandidat buruh independen lagi ataukah meninggalkan posisi-posisinya di Partai Demokrat. Pemikiran beberapa orang yang mendukung kampanye demikian bisa dilihat dari Art Thomas, seorang juru mesin, sebagaimana dikutip Labor Notes:

“Mengajukan kandidat-kandidat independen bukanlah pilihan pertama kami, namun semoga hal ini bisa membantu membuka mata para pimpinan Demokrat…kalau tidak, kami telah menunjukkan pada mereka bahwa kami bisa bekerja dengan kawan-kawan kami dan memilih golongan kami sendiri!”

Kampanye untuk suatu Partai Massa Buruh secara konsisten telah menyerukan pada serikat buruh-serikat buruh untuk putus hubungan dengan Partai Demokrat dan membentuk suatu partai massa buruh. Kami yakin bahwa hanya dengan cara putus hubungan dengan Partai Demokrat maka serikat-serikat buruh bisa membalikkan gelombang melawan bisnis-bisnis besar dan mulai memperjuangkan capaian-capaian riil untuk kelas buruh di tataran nasional dari layanan kesehatan gratis untuk semua, penghapusan hutang mahasiswa, memperjuangkan lapangan kerja yang berkualitas dan berserikat dengan upah layak untuk semua.

Suatu partai buruh massa tidak akan selesai dibangun dalam satu malam dan kemungkinan besar akan terdapat berbagai formasi elektoral yang mendahuluinya. Namun satu hal yang jelas” demi berjuang secara efektif dan sungguh-sungguh melawan kaum majikan dan konglomerat. kandidat-kandidat buruh independen, atau bahkan suatu partai tingkat negara bagian atau tingkat nasional, tidak bisa jadi sekedar “taktik gertak sambal” untuk menekan Partai Demokrat. Pelajaran Partai Buruh AS (US Labor Party) membuktikan bahwa setelah kegagalan mereka mencalonkan kandidat, partai tersebut lantas layu dan sementara itu Partai Demokrat dan Partai Republik terus berjalan seperti biasa.

Kalau kau tidak memperjuangkan kekuaasaan politik maka tidak terelakkan lagi kau akan membiarkan kekuasaan tetap di tangan mereka yang menggenggamnya. Sebagai tambahan, agar suatu partai buruh punya kekuasaan jangka panjang, maka ia harus memutuskan serikat-serikat buruh mayor dari belenggu Partai Demokrat. Hal ini akan menuntut suatu strategi tempur yang bisa mengilhami anggota-anggota serikat buruh dan kelas pekerja yang lebih luas dengan gagasan bahwa partai demikian bisa berjuang dan bisa menang. Hal ini harus digabungkan dengan kebangkitan perjuangan kelas yang mengakar dalam gerakan buruh.

Majunya kandidat-kandidat buruh Independen oleh CLC Lorain menunjukkan apa yang bisa diraih saat para pimpinan buruh menyuguhkan kepemimpinan yang tegas dan secara aktif memobilisasi anngota serikat buruh pada khususnya dan anggota kelas pekerja pada umumnya. Hal ini merupakan hasil yang luar biasa dan mencerahkan. Bila hal ini bisa dilakukan di tataran lokal maka juga bisa dilakukan di tataran negara bagian dan nasional pula.

Anggota-anggota serikat buruh pada khususnya dan anggota kelas pekerja pada umumnya tengah mencari alternatif sejati di luar partai-partai kaum majikan dan kaum konglomerat, krisis ekonomi kapitalis, pemotongan terus menerus, konsesi, dan pengetatan anggaran kapitalisme. Akhirnya, suatu partai buruh harus bergerak melampaui batasan-batasan sempit kapitalisme dan memperjuangkan demokrasi buruh dan kontrol buruh demokratis terhadap industri dan ekonomi. Kalau tidak, maka partai akan terkapar tak berdaya karena upaya-upaya mengatasi krisis kapitalis dalam batasan-batasan sistem kapitalis demikian–sama seperti Partai Demokrat dan Partai Republik.

Kami perkirakan akan terdapat lebih banyak “Lorains” lagi di masa depan. Dari proses ini, suatu partai massa buruh akan bangkit dan membalikkan politik di negeri ini. Kami akan mengambil peran dengan terus mengusung dan mempromosikan gagasan suatu partai buruh massa di serikat-serikat buruh, di tempat-tempat kerja, dan di kampus-kampus.

*diterjemahkan dari “US: Independent Workers Party Sweeps Ohio Local Election” sebagaimana yang ditulis David May dan dipublikasikan pada Rabu 15 Januari 2014 di marxist.com. Diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan dipublikasikan ulang via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: