Bencana Alam Akibat Sistem yang Menindas Rakyat – Mari Bersolidaritas

Posko Solidaritas Kemanusiaan Indonesia-Bangkit

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Bencana alam yang akhir-akhir ini menimpa rakyat di Jakarta, Sinabung, dan daerah lainnya, tidak terlepas dari pemanasan global. Banjir besar ini dipicu oleh seruak dingin yang berasal dari kawasan bumi bagian utara. Seruak dingin merupakan aliran massa udara dingin dan kering serta bertekanan tinggi yang disebabkan rembesan polar vortex (pusaran udara dingin Kutub Utara. Semestinya pusaran udara dingin demikian hanya berkutat di Kutub Utara dan sekitarnya namun karena bocor akhirnya menyeruak ke luar. Kebocoran ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh pemanasan global.

Sebagaimana yang diberitakan RRI, Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Edvin Aldrian mengungkapkan, ‘’Pemanasan global menyebabkan temperatur di wilayah tropis lebih tinggi. Temperatur lebih tinggi berarti tekanan lebih rendah. Udara bergerak dari tekanan tinggi ke rendah.’’ Pemanasan global juga mengakibatkan perbedaan suhu dan tekanan menjadi lebih besar, sehingga polar vortex berdampak pada wilayah yang jauh lebih ke selatan dari sebelumnya. Selain memanaskan wilayah tropis, pemanasan global juga memanaskan wilayah Kutub Utara, membuat banyak es mencair sehingga permukaan air semakin naik.

Fenomena ini sudah mengakibatkan banyak peristiwa dan bencana alam di berbagai wilayah. Musim dingin ekstrem dan hujan salju lebat menyerang Amerika Serikat (AS) hingga menewaskan belasan jiwa serta merusak pertanian. Transportasi udara di AS juga lumpuh dengan sebanyak 4.392 penerbangan dibatalkan dan 3.577 ditunda. Suhu di wilayah seperti Allaghas, Maine, bisa anjlok hingga minus 36 derajat celcius. Sedangkan suhu di Kansas merosot hingga minus 22 derajat celcius. Hembusan angit dingin juga mengakibatkan penduduk AS seolah berada di daerah bersuhu hingga minus 50 derajat celcius. Sementara itu fenomena ini juga mengakibatkan salju turun di daerah-daerah yang bahkan sebelumnya tidak pernah hujan salju. Pertama kalinya, di tahun 2014 ini bahkan Vietnam dan Mesir mengalami hujan salju!

Edvin Aldrian juga menyatakan bahwa akibat seruak dingin yang menjalar ke selatan dan menekan massa uap air di atas kawasan Indonesia barat, uap air yang searusnya tersebar tersebut malah mampet di atas Pula Sumatera bagian selatan dan bagian barat. Hal ini, ungkapnya, memicu hujan deras seharian dan berujung banjir dimana-mana. Sementara itu, Tri Handoko Seto, peneiliti meteorologi tropis Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi mengatakan seruak dingin sangat mempengaruhi curah hujan di wilayah Indonesia barat. Pertemuannya dengan massa udara dari Samudera Hindia mengakibatkan pengangkatan massa udara yang membentuk awan hujan di atas wilayah Sumatera dan Jawa. “Kontribusinya bisa mencapai 30 persen terhadap total curah hujan”, ungkapnya.

Berbeda dengan rakyat di AS yang menderita musim dingin hebat dan rakyat di Indonesia yang menderita bencana banjir, rakyat di belahan selatan dekat Antartika malah menderita musim panas ekstrim. Sebagaimana yang dilaporkan kantor berita ABC, sejak Januari 2014 suhu di negara-negara belahan selatan semakin panas, khususnya Australia dan Selandia Baru. Jumat 1 Januari 2014, suhu Australia di daerah Queensland mencapai 40 derajat celcius. Sedangkan Melbourne mencapai 41 derajat celcius. Bahkan di Alice Springs dan beberapa daerah lainnya suhu bisa memanas sampai 43 derajat celcius. Hal ini tidak hanya mengakibatkan jatuhnya korban jiwa akibat dehidrasi dan kepanasan namun juga mengakibatkan banyak kebakaran padang rumput.

Pemanasan global yang mengakibatkan semua fenomena dan bencana alam ini tidak lain dan tidak bukan adalah akibat sistem kapitalisme-imperialisme. Demi akumulasi modal dan mengeruk keuntungan Industri kapitalis-imperialis secara tamak tidak hanya menindas rakyat pekerja namun juga mengakibatkan kerusakan alam dalam puluhan tahun terakhir. Pertumbuhan industri mengakibatkan semakin banyaknya karbondioksida di udara, ratusan milyar ton karbon terjebak di atmosfer, 1.672 milyar ton karbon terperangkap di lapisan es, 29 persen lahan di Bumi jadi gersang dan jadi gurun pasir, bahkan di Indonesia sendiri permukaan air laut di sekitar Jakarta naik 5-8 mm per tahun, bahkan sebanyak 26 pulau kecil di Indonesia kini telah hilang tenggelam.

Sebenarnya perkembangan teknologi dan kemajuan ilmu pengetahuan telah mampu menghasilkan barang-barang, peralatan, serta industri ramah lingkungan, dengan memanfaatkan sumber energi yang terbaharukan. Polusi akibat industri yang merusak lingkungan sebenarnya dengan ini bisa dikurangi bahkan dihentikan. Namun negara-negara kapitalis maju seperti AS yang sebenarnya pennghasil polusi karbon sebesar terdunia tidak berniat untuk melakukannya. Sebaliknya negara-negara dunia ketiga, seperti Indonesia, yang disogok melalui mekanisme perdagangan karbon untuk menyediakan hutan tropis agar menyerap polusi. Ini sama saja mereka merusak, kita yang harus memperbaiki!

Kita sebagai bagian dari massa rakyat, sebagai satu bagian tak terpisahkan dari sesama kaum tertindas perlu saling bergandengantangan, bahu-membahu, saling membantu, dan bersolidaritas! Sejak kemunculan bencana alam banjir di Jakarta, Front Mahasiswa Nasional (FMN) bersama dengan Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI), Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA), Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia (ATKI), Institute for National Democratic Studies (INDIES) mendirikan Posko Solidaritas Kemanusiaan INDONESIA BANGKIT yang tidak hanya mengoordinir relawan namun juga menghimpun bantuan berupa uang tunai, obat-obatan, makanan, air mineral, susu balita, pakaian layak pakai untuk dewasa dan anak-anak, barang-barang kebutuhan perempuan, peralatan pel dan kebersihan, alat tulis, seragam Sekolah (SD,SMP, SMA), selimut, bantal, ember, pelampung, sepatu sekolah, tas Sekolah, dan lain-lain.

Bagi yang berada di Malang bisa menghubungi 081999359310 (Luki Hari), 081239931382 (Fauzul), 082341377972 (Akbar). Kami bisa melakukan jasa penjemputan barang-barang bantuan ke tempat tinggal masing-masing donatur yang berada di Malang. Info berita dan perkembangan aktual bisa dilihat di situs internet kami: indo-bangkit.blogspot.com

Kantor Pusat Indonesia Bangkit: Jalan Ketang-Ketang No 9 Kelurahan Jati, Pulogadung Jakarta Timur, No Telp/Fax : +62 21 2956 8913. Posko Indonesia Bangkit-Jakarta Timur: Jl Otista, Tanjung Lengkong, Bidara Cina, Jatinegara. Kontak 0878 8559 4382 (Sandy). Posko Indonesia Bangkit-Sinabung: Pengungsian Universitas Karo-Karo, Kabanjahe, Tanah Karo Sumatera Utara. Kontak 0853 7167 4711 (Tariq)

*disadur dari selebaran FMN Malang berjudul “Bencana Alam Akibat Sistem yang Menindas – Mari Bersolidaritas”. Dipublikasikan kembali via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: