Organisasi Buruh Revolusioner dalam Bantuan Kemanusiaan

Organisasi Buruh Revolusioner dalam Bantuan Kemanusiaan

Pertolongan Buruh Internasional

Pertolongan Buruh Internasional atau dikenal juga sebagai Arbeiter-Hilfe (IAH) di Jerman dan Международная рабочая помощь (Mezhrabpom) di Russia, merupakan badan bantuan yang dibentuk oleh Komunis Internasional (Komintern) untuk menyalurkan bantuan-bantuan dari organisasi-organisasi kels buruh serta partai-partai komunis dari berbagai belahan dunia untuk membantu Soviet Rusia yang tertimpa bencana kelaparan. Organisasi yang bermarkas di Berlin, Jerman, ini kemudian juga memproduksi film-film serta mengoordinir upaya-upaya propaganda Federasi Republik Dewan Pekerja Sosialis (USSR) atau Uni Soviet.

200px-Internationale_Arbeiter_Hilfe

SEJARAH ORGANISASI

Pembentukan

The Internationale Arbeiter-Hilfe (IAH), juga dikenal sebagai Bantuan Buruh Internasional atau Pertolongan Buruh Internasional (WIR) dibentuk di Berlin pada 12 September 1921 untuk menjawab seruan Lenin demi merekrut dukungan internasional sebagai respon atas kemarau dan kelaparan di daerah Volga, khususnya di tanah-tanah yang diduduki oleh Volga Jerman. Kemarau dan anjloknya produksi panen di daerah tersebut menjadi bencana kemanusiaan saat pasukan Bolshevik yang dikenal sebagai “Sapu Besi” memulai suatu kampanye “pemungutan pajak” (rekuisisi pangan) untuk mengambil suplai makanan dan mendistribusikannya ulang ke belahan lain Soviet Rusia[1]. Seruan Lenin atas dukungan internasional didorong oleh suatu upaya untuk membalas pengaruh Herbert Hoover dan Asosiasi Bantuan Amerika atau American Relief Association (ARA) dalam menyediakan bantuan makanan kepada rakyat Volga serta di belahan lain Eropa Timur saat pasukan Soviet berada dalam proses mengambil suplai makanan di daerah Volga[2]. Lenin memandang ARA sebagai “tentara bayaran” yang bertujuan untuk mengalahkan Bolshevisme dengan cara mengurangi kelaparan di Soviet Rusia sehingga mempermalukan pemerintahan Bolshevis sebagai pemerintahan yang tidak efektif dan inkompeten[3]. Sikap ini juga diikuti oleh para pengamat dan editor di Amerika Serikat (AS), bahkan media The Nation juga berspekulasi bahwasanya Hoover bisa “menggunakan pangannya untuk menggulingkan pemerintahan Soviet.”[4]

Menurut pandangan, E.H. Carr, seorang sejarawan Marxis, WIR memiliki dua tujuan asli yaitu tujuan kemanusiaan dan tujuan ideologis sekaligus:

Fungsi awalnya adalah untuk menyediakan imbangan sayap kiri bagi pasokan-pasokan bantuan dermawan yang dikirim ke Soviet Rusia oleh ARA dan agensi-agensi borjuis lainnya untuk memitigasi horor kelaparan. Buruh-buruh Jerman kemudian mengambil kerja lembur serta menyisihkan produksi nilai lebih mesin atau barang-barang konsumsi untuk Soviet RUsia; kemudian, uang yang terkumpul dikirim ke Rusia; setelah itu (Mezhrabpom) mulai menyebarkan bacaan-bacaan kerakyatan dan propaganda Soviet Rusia.[5]

WIR dibentuk oleh Willi Münzenberg, seorang anggota Partai Komunis Jerman (KPD) sekaligus seorang ahli propaganda[6]. Aktivitas-aktivitas Münzenberg sebagai pimpinan Internasional Komunis Muda menarik perhatian Lenin. Dengan pendanaan dari pemerintahan Soviet, Münzenberg kemudian mulai membentuk organisasi-organisasi front seperti Kawan-Kawan Soviet Rusia (FSR)[7]. FSR dan organisasi-organisasi bantuan serupa yang dibentuk oleh Münzenberg didirikan sebagai metode penggalangan dana dari kelompok-kelompok koalisi luas dari sayap kiri untuk bantuan bagi kelaparan di Soviet Rusia sembari secara simultan menutupi peran pemerintah Soviet dalam pengorganisasian kelompok-kelompok itu (karena hal ini bisa menghalangi upaya penggalangan dana)[8]. Clara Zetki, seorang sosialis sekaligus pejuang hak-hak kaum perempuan, menjabat sebagai presiden sampai ia meninggal pada tahun 1933.

Tahun-tahun berikutnya, WIR mendukung buruh-buruh di Jerman serta negara-negara lainnya yang dilanda dampak-dampak pemogokan, konflik bersenjata, dan bencana alam. WIR mennyalurkan pakaian, makanan, dan dana dengan menambahkan program pendampingan industrial. Dana awal WIR berasal dari pendanaan rahasia yang diberikan oleh Soviet dalam bentuk sepuluh juta rubel yang dicetak langsung dari Bank Sentral Soviet[9]. Kebanyakan dana pendampingan WIR disediakan melalui kredit-kredit perbankan yang didukung oleh Kremlin; sumber lain bahkan menyertakan dorongan pendanaan serta donasi alat dan teknologi dari negara-negara lain, baik dari penjualan aset-aset yang diambil alih maupun dari penjualan peralatan asing yang didonasikan seperti traktor ke penawar dan perusahaan dalam Uni Soviet.

Upaya-upaya Propaganda

Münzenberg menyadari potensi propaganda sinema dan karena itu WIR mengimpor film-film Soviet disamping memproduksi film-film sendiri. Tahun 1922 Münzenberg  mendirikan Aufbau Industrie und Handels AG untuk mendistribusikan film-film Soviet. Hermann Basler mengepalai distribusi perfilman, yang mana pada Maret 1923 dengan Polikuschka (sutradara Alexander Sanin, 1922) produksi Mezhrabpom-Rus mendatangkan film Soviet untuk pertama kalinya ke bioskop-bioskop Jerman.

Seiring dengan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Weimar di Jerman untuk melarang impor film-film asing, WIR kemudian pindah ke Wina, Austria pada tahun 1924. Bagaimanapun juga awalnya WIR hanya membawa satu film ke lokasinya di Austria yaitu film pertama karya Sutradara Kurt Bernhardt berjudul Pahlawan-Pahlawan Tak Bernama atau Nameless Heroes (1924). Akhirnya pusat Wina kemudian mengambil alih dan memproduksi film-film berikutnya seperti Kuhle Wampe (1931/1932). Tahun 1928 WIR mulai memproduksi film-film dokumenter komunis melalui perusahaan produksi khusus bernama World Film atau Perfilman Dunia.

WIR juga aktif di AS dan dikenal mengorganisir pensyutingan Pemogokan Buruh Tekstil Passaic sekaligus menyediakan bantuan-bantuan untuk pemogokan. Selain itu WIR juga berperan dalam pendirian Liga Pekerja Fotografi dan Perfilman.

WIR didukung oleh banyak intelektual kiri, antara lain Martin Andersen Nexö, Henri Barbusse, Maxim Gorki, George Grosz, Maximilian Harden, Arthur Holitscher, Käthe Kollwitz, George Bernard Shaw, Upton Sinclair, dan Ernst Toller.

Pembubaran

Berkuasanya NAZI pada tahun 1933 mengacaukan WIR dengan sangat parah. Semretariat Komite Eksekutif Komunis Internasional memutuskan untuk membubarkan WIR pada Oktober 1935, meskipun keputusan ini tidak diumumkan secara publik[10]. Beberapa fungsi organisasi WIR kemudian diteruskan oleh Bantuan Merah Internasional.

Bantuan Merah Internasional

200px-MOPR

Bantuan Merah Internasional (juga dikenal lewat akronim Rusia MOPR) merupakan organisasi layanan sosial internasional yang didirikan oleh Komunis Internasional (Komintern). Organisasi ini didirikan pada tahun 1922 untuk berfungsi sebagai “Palang Merah politis internasional” yang memberikan bantuan moral dan material bagi para tahanan politik (tapol) “perang kelas” di seluruh dunia.

SEJARAH ORGANISASI

Pembentukan

Perkumpulan bantuan buruh Internasional, yang dikenal dalam bahasa pergaulan melalui akronim bahasa Rusianya, yaitu MOPR[11], didirikan pada tahun 1922 untuk merespon arahan Kongres Sedunia ke-4 Komunintern yang menyerukan partai-partai komunis sedunia “untuk membantu pembentukan organisasi-organisasi untuk memberikan bantuan-bantuan moral dan material bagi tawanan-tawanan kapitalisme di dalam penjara.”[12]

Julian Marchlewski-Karski ditunjuk sebagai Ketua Komite Sentral MOPR, badan pengelola organisasi baru ini. Setelah 1924 namanya kemudian digenti menjadi Komite Eksekutif.[13]

Sesi pleno pertama Komite Eksekutif MOPR dilangsungkan pada Juni 1923 di Moskow, Rusia. Saat itu diputuskan bahwa MOPR perlu mendirikan seksi-seksinya di seluruh negara, khususnya yang menderita “Teror Putih” terhadap gerakan revolusioner.

Perkembangan

Konferensi internasional MOPR yang pertama berlangsung pada Juli 1924, bersamaan dengan Kongres Dunia ke-5 dari Komintern.

Menurut Elena Stasova, kepala MOPR seksi Rusia sekaligus kepala deputi Komite Sentral Organisasi Internasional, pada 1 Januari 1928, MOPR memiliki keanggotaan total sebanyak 8.900.000 orang yang tersebar di 44 seksi nasional. Tertanggal 1 Januari 1931 cakupan MOPR telah meluas hingga 58 organisasi nasional dengan keanggotaan total sebanyak 8.305.454 menurut Stasova[14].

Stasova mencatat bahwa ada dua bentuk organisasi, “organisasi massa”—seperti di USSR, Jerman, Prancis, AS—dan “organisasi-organisasi berjenis komite”, yang membatasi diri pada bantuan legal dan material pada para tahanan politik serta keluarga mereka tanpa berupaya mendirikan organisasi dengan keanggotaan berskala luas[15].

Stasova menekankan perbedaan yang berlangsung antara MOPR dan Pertolongan Buruh Internasional, cabang lain dari aparatus internasional Komintern. “Perbedaannya ini”, catatnya pada 1931, “kita membantu para tahanan politik dan Pertolongan Buruh Internasional membantu saat pemogokan ekonomi dan di saat perjuangan ekonomi.”[16]

Kongres Dunia ke-1 MOPR dilangsungkan pada November 1932. Saat itu diumumkan bahwa tertanggal 1 Januari 1932, MOPR telah mendirikan 67 seksi nasional di luar USSR dengan anggota sebanyak 1.278.274 orang.[17]

Sejarah Bantuan Merah Internasional di Berbagai Negara

Terhitung pada tahun 1924 organisasi ini telah memiliki afiliasi nasional di 19 negara. Tahun 1932 Bantuan Merah Internasional mengklaim sebanyak 62 afiliasi diluar Uni Soviet dengan total keanggotaan sebanyak 1.278.274 orang.[18]

Bantuan Merah Internasional memulai kemunculan perdananya di Spanyol sebagai suatu organisasi amal selama perlawanan buruh bulan Oktober 1934 di Asturias. Bantuan Merah Internasional menyediakan bantuan bagi mereka yang dipenjara karena terlibat dalam pemberontakan serta mengorganisir kampanye-kampanye untuk memperjuangkan amnesti bagi para tawanan yang terancam akan dieksekusi. Organisasi ini, yang juga melibatkan banyak seniman dan penulis, kemudian dibentuk kembali dan meluas di Barcelona pada Januari 1936 dengan tujuan melawan fasisme di berbagai front.

Aktivitas selama Perang Sipil Spanyol

Selama Perang Saudara Spanyol, Joaquín Arderíus, seorang penulis, menjabat sebagai presiden organisasi tersebut sebelum mengasingkan diri ke Prancis dan kemudian ke Meksiko. SRI mendirikan dapur-dapur umum serta tenda-tenda pengungsian di seluruh teritori yang dikuasai oleh Kaum Republiken dan juga menyediakan perpustakaan bagi para tentara Rupubliken, namun banyak dari program mereka—seperti bantuan dan makanan yang dikumpulkannya—difokuskan pada penyediaan bantuan bagi anak-anak.

Misalnya, SRI mendirikan Escuela Nacional para Niños Anormales (Sekolah Nasional bagi Anak-anak Disabilitas Mental) di Madrid, sebanyak 150 siswa. Mereka juga mendirikan Taman Anak-Anak di pinggiran Madrid, serta menyediakan perlindungan bagi 150 anak tambahan.

Aktivitas-aktivitas lainnya juga mencakup pembangunan jaringan transportasi antara front dan rumah sakit-rumah sakit serta transformasi berbagai bangunan (biara, gereja, istana) menjadi rumah sakit-rumah sakit temporer, klinik, bank darah, panti asuhan, dan sekolah-sekolah. Kontribusi-kontribusi medis menyertakan pendirian 275 rumah sakit, layanan-layanan ambulan, pendirian Klinik dan Kuliah Orthodontik, kampanye-kampanye kebersihan gigi, serta mobilisasi dokter gigi-dokter gigi ke garis depan.  Selain SRI, juga terdapat Socorro Rojo del P.O.U.M. yang diorganisir oleh Partai Buruh Persatuan Marxis (POUM) yang lebih kecil[19].

421px-Poum_sr Socorro-rojo-del-poum

Aktivitas-aktivitas Militer

Anggota-anggota Resimen Kelima (dibubarkan pada 21 Januari 1937) yang didirikan oleh Partai Komunis Spanyol saat pecahnya Perang Sipil juga diperbanyak oleh anggota-anggota SRI. Resime Kelima yang berdasarkan Tentara Merah Soviet mecakup Juan Modesto dan Enrique Líster di antara para pimpinannya, dan bertempur secara khusus dalam berbagai pertempuran di dalam dan di sekitar Madrid selama 1936. SRI juga menolong para simpatisan Komunis di daerah-daerah yang dikuasai kaum Nasionalis Spanyol (para pendukung Franco) untuk melarikan diri dan menyeberang ke daerah yang bersahabat.

Bantuan Merah Internasional juga terdapat di berbagai negara lainnya dengan nama yang berbeda sesuai pengucapan bahasa setempat, seperti Rode Hulp[20] di Belanda yang berdiri pada kongres pertamanya di tahun 1926[21] dan Suomen Punainen Apu atau Bantuan Merah Finlandia. Bantuan Merah Finlandia aktif selama dekade 1930an dan dipimpin oleh Partai Komunis Finlandia. Bantuan merah Finlandia memberikan bantuan bagi para revolusioner yang ditahan di penjara-penjara Finlandia. Kaum perempuan yang terhubung dengan Bantuan Merah akan membuat kerajinan-kerajinan tangan dan menggelar bazar-bazar demi mendanai aktivitas organisasi. Organisasi juga mencoba memobilisasi opini publik untuk melawan perlakuan buruk terhadap para tahanan. Selain itu Bantuan Merah Internasional cabang Finlandia juga punya publikasinya sendiri bernama Vankien Toveri[22].

Selain di Eropa, Bantuan Merah Internasional juga berdiri di Amerika Latin. Farabundo Marti menjadi pemimpin Bantuan Merah Internasional di Amerika Latin menjelang akhir dekade 1920an.[23] Selain itu Julio Antonio Mella, seorang pimpinan Komunis Kuba yang diasingkan di Meksiko sejak tahun 1926 juga merupakan tokoh terkemuka Bantuan Merah Internasional seksi Meksiko.

Sedangkan di Asia, Bantuan Merah Internasional juga berdiri di Korea (diorganisir oleh Yi Dongwhi), Tiongkok (bernama Perhimpunan Bantuan), India (pasca 1928), Indocina, Indonesia (pada 1928), Kepulauan Timor (tahun 1933), Jepang (dengan nama Nekon Sekishoku Kyuenkai yang berdiri pada tahun 1928), dan Filipina (sebelum 1933).

Bantuan Merah Internasional dikepalai Elena Stasova sampai tahun 1938, sampai setelah karakter internasionalnya menyusut dan akhirnya dibubarkan pada tahun 1947.

*diterjemahkan dari artikel Wikipedia Inggris berjudul “Workers International Relief” dan “International Red Aid”. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dipublikasikan ulang via Bumi Rakyat.


[1] McMeekin, Sean, The Red Millionaire: A Political Biography of Willi Münzenberg, Moscow’s Secret Propaganda Tsar in the West, 1917-1940, New Haven, CT: Yale University Press (2004), pp. 105-115, 128

[2] Ibid

[3] Ibid 1

[4] Ibid 1

[5] E.H. Carr, A History of Soviet Russia. In 14 Volumes. London: Macmillan, 1953; vol. 3, pg. 404.

[6] Ibid 1

[7] Ibid 1

[8] Ibid 1

[9] Ibid 1

[10] Branko Lazitch and Milorad M. Drachkovitch, Biographical Dictionary of the Comintern: New, Revised, and Expanded Edition. Stanford, CA: Hoover Institution Press, 1986; pg. xxix.

[11] Nama lengkap organisasi ini dalam bahasa Rusia adalah  Mеждународная организация помощи революциoнepaм atau Mezhdunarodnaia Organizatsiia Pomoshchi Revoliutsioneram (“Organisasi Internasional untuk Bantuan Bagi Para Revolusioner) yang disingkat jadi MOPR.

[12] Dikutip dari Branko Lazitch and Milorad M. Drachkovitch, Biographical Dictionary of the Comintern: New, Revised, and Expanded Edition. Stanford, California: Hoover Institution Press, 1986; pg. xxviii.

[13] Lazitch and Drachkovitch, Biographical Dictionary of the Comintern, pg. xxviii.

[14] H. Stassova [E. Stasova], MOPR’s Banners Abroad: Report to the Third MOPR Congress of the Soviet Union. Moscow: Executive Committee of IRA, 1931; pp. 12-13.

[15] Stassova, MOPR’s Banners Abroad, pp. 15-16.

[16] Stassova, MOPR’s Banners Abroad, pg. 19.

[17] Lazitch and Drachkovitch, Biographical Dictionary of the Comintern, pg. xxix

[18] Lazitch 1986, p. xxix.

[19] ALBA – Articles – “Shouts from the wall.” USF Magazine. 4(Fall) 1997. pp. 24-27

[20] Universiteit Maastricht (bibliotheek) – results/illegal

[21] Lijst Van Geraadpleegde Literatuur

[22] Suomen Punainen Apu (Kansan Arkisto)

[23] ALBA .:Alternativa Bolivariana para los Pueblos de Nuestra América – Content – BIOGRAFÍA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: