Demonstran Pro Palestina Tutup Pabrik Senjata Israel di Inggris

Demonstran Pro Palestina Tutup Pabrik Senjata Israel di Inggris

Para demonstran pro Palestina menyegel dan merantai pintu pabrik serta menduduki atap pabrik senjata milik Israel di Shenstone di Staffordshire yang merakit mesin-mesin untuk drone (pesawat-pesawat tanpa awak) yang diekspor ke Israel.

Sekitar jam lima sore, sekelompok 12 aktivis dari jaringan London Palestine Action (Aksi Palestina London) merantai gerbang utama pabrik dan menduduki atap. Kelompok ini menyatakan bahwa pabrik ditutup.

Pabrik Shenstone sendiri beroperasi di bawah nama UAV Engines Limited, suatu perusahaan yang terdaftar di Inggris dan merupakan milik Elbit Systems, perusahaan senjata terbesar Israel dan perakit drone terbanyak di dunia. Mesin-mesin drone yang diproduksi di pabrik selama ini diekspor ke Israel pada tahun 2010, 2011, dan 2012 menurut data resmi pemerintah Inggris.

Tahun 2009, Amnesty Internasional menunjukkan bukti bahwa mesin-mesin dari pabrik digunakan pada Hermes 450 drones yang didokumentasikan telah digunakan secara sengaja untuk menyerang dan membunuh warga sipil pada serangan Operasi Cast Lead tahun 2008-2009 terhadap Gaza.

Pendudukan ini terjadi sehari setelah pemerintah Inggris berjanji menelusuri apakah ada dari delapan milyar poundsterling dari nilai persenjataan yang diekspor ke Israel dalam lima tahun terakhir, yang digunakan dalam serangan-serangan Israel terhadap rakyat Palestina di Gaza saat ini.

Sara Cooper, salah satu demonstran, seorang guru berusia 26 tahun dari London selatan berkata:

“Dengan membiarkan pabrik ini mengekspor mesin-mesin untuk drone-drone pembunuh ke Israel, pemerintah Inggris sama saja menyediakan dukungan langsung dan persetujuan terhadap pembantaian Israel.”

“Tangan pemerintah Inggris berlumuran darah dan harus mengakhiri dukungannya untuk kejahatan Israel terhadap kemanusiaan dengan cara mengakhiri semua bentuk kerjasama militer dengan Israel, dimulai dengan menutup pabrik ini. Kami menuntut pemerintah Inggris berhenti mempersenjatai Israel.”

“Israel hanya mungkin membunuhi warga sipil Palestina dengan tangan dingin dan menyerang sekolah-sekolah PBB dan rumah sakit-rumah sakit karena adanya kerjasama militer sangat besar yang dinikmatinya bersama perusahaan-perusahaan dan pemerintah-pemerintah di dunia. Pabrik ini adalah contoh paling jelas mengenai kerjasama militer besar yang terjalin antara Inggris dan Israel.”

Pabrik ini juga bagian kunci dari program “£1bn Watchkeeper” yang mana Elbit Systems merupakan yang terdepan dalam merakit generasi baru drone-drone untuk militer Inggris. Drone Watchkeeper yang berdasarkan Herms 450, terdokumentasikan digunakan untuk membunuh rakyat sipil Palestina selama serangan 2008-2009 terhadap Gaza.

Cooper menambahkan:

“Elbit Systems memasarkan teknologi dronenya dengan slogan “teruji pertempuran”, suatu kesombongan yang menyakitkan atas drone-drone mereka yang telah terbukti efektif membunuhi rakyat Palestina. Pemerintah Inggris mengimpor teknologi yang dikembangkan selama terjadinya kejahatan Israel terhadap kemanusiaan.”

Organisasi-organisasi HAM telah mendokumentasikan penggunaan ekstensif drone-drone Elbit di Gaza dan perannya dalam membunuhi serta meneror rakyat sipil. Lihat laporan Organisasi pengawas HAM berikut: Human Rights Watch: Precisely Wrong, Gaza Civilians Killed by Israeli Drone-Launched Missiles. War on Want: Killer Drones, UK complicity in Israel’s crimes against the Palestinian people.

Semenjak awal serangan militer Israel terhadap Gaza, saham Elbit telah naik 6,1 persen. Menurut Bloomberg BusinessWeek, serangan Israel telah mendongkrak saham Elbit mendekati tingkat tertinggi semenjak tahun 2010 sementara valuasinya terhadap basis harga jual dan pendapatan mendekati tingkat termahal dalam lima tahun. Saat ini pemerintah Inggris tengah meninjau kembali penjualan persenjataan senilai delapan miliar poundsterling ke Israel.

*diterjemahkan dari “Israeli arms factory shut down by UK pro-Palestine campaigners – shut down ongoing” sebagaimana dimuat di middleeastmonitor.com dan dipublikasikan ulang via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: