Pejuang Kurdi Mengusir ISIS dari 19 Desa

Pejuang Kurdi Mengusir ISIS dari 19 Desa

Pejuang Kurdi Mengusir ISIS dari 19 Desa

Pusat Pers YPG (Unit Perlindungan Rakyat) merilis pernyataan yang menyimpulkan operasinya di Til Hemis. Operasi tersebut berhasil mengusir ISIS dari 19 desa dan 7 dusun di area tersebut. Sebanyak 53 prajurit ISIS – termasuk dua komandannya – tewas terbunuh dalam pertempuran. Empat orang pejuang YPG juga gugur dalam pertempuran.

Operasi ini terjadi di segitiga antara Qamışlo, Tirbespiye dan Til Hemis yang dimulai pada 13 September. Ini terjadi saat pasukan-pasukan YPG melawan ISIS di banyak front, mulai dari Şenjar (Sinjar) sampai Kobanê. Kemenangan ini menyusul kemenangan YPG dalam perlawanan di Jezaa 10 hari sebelumnya, dimana pasukan-pasukan ISIS dipukl mundur dari kota dan daerah sekitarnya.

Target-target operasi di Til Hemis meliputi apa yang disebut YPG dalam pernyataannya sebagai “kastil-kastil ISIS” – desa-desa Rihaiya dan Şermuxa Xedan. YPG membenarkan operasinya dalam pernyataan berikut: “Daerah ini adalah pangkalan ISIS yang terdekat ke Qamişlo dan memainkan peran dalam pengorganisiran banyak serangan. Serangan-serangan demikian meliputi pengeboman yang menewaskan para penduduk sipil di Qamişlo dan Tirbespiye, serta kehancuran makam Seyh Xiznewi dan masjid di Til Maruf yang dianggap sakral bagi para warga lokal. Pasukan-pasukan kami menjalankan operasi ini dari 13 September sampai hari ini dengan tujuan menghancurkan ancaman teror dari geng-geng ISIS terhadap Qamişlo dan Tirbespiye, untuk mencegah serangan-serangan baru dan membuat para pembunuh serta pembantai tersebut bertanggungjawab.”

ISIS Menarget Warga Sipil

Pernyataan itu juga menyinggung pembantaian oleh ISIS terhadap warga-warga sipil Arab dan Kurdi yang menolak berperang melawan YPG dan pembombardiran terhadap Qamişlo dengan roket-roket jarak jauh Grad yang berakibat tewasnya lima warga sipil dan dimana YPG menyatakan bahwa persenjataan tersebut diperoleh ISIS dari rezim Suriah. YPG mengutuk ISIS yang “menarget warga-warga sipil termasuk para pempuan dan anak-anak sebagai sasaran balas dendam.”

Kemajuan-kemajuan YPG

Pernyataan ini menggambarkan keberhasilan pembebasan YPG dalam skala besar serta terhadap teritori yang signifikan dan strategis dari cengkeraman ISIS. “Setelah dua hari operasi dan bentrokan-bentrokan keras di Rihaiya, Şermuxa Cedan dan Şermuxa Ceryan, kami telah membebaskan segitiga antara Qamişlo, Tirbespiye dan Til Hemis serta membersihkannya dari gang-gang. Terlepas fakta bahwasanya ISIS mengeluarkan upaya besar untuk mempertahankan area-area di sekitar Qamişlo dan Tirbespiye, yang penting secara strategis untuknya, pasukan-pasukan kami mampu menempuh operasi-operasi ini hingga berhasil sampai pagi hari 16 September.”

“Nama-nama 19 desa dan 7 dusun yang dibebaskan dari gang-gang melalui operasi revolusioner yang dituntaskan dalam tiga hari adalah sebagai berikut: Xirbêtesed, Xirbêtxelîl, Metiniyê, Haciya Biçûk, Gire Çilesî, Şermûxa Xedan, Şermûxa Ceryan, Harkê, Gibîba, Gibîba Huntesên, Gibîba Sêhta, Gibîbê Xelîl, Haciya Mezin, Haciya Metaşîr, Evenik Emrîn, Gire Awena, Rihaya Biçuk, Rihaya Mezin, Geryan, Emrîn, Haciyan, Gibîp, Mezra Ebas Ahmet, Mezrayê Xelîl.”

ISIS Menderita Banyak Kerugian

Pernyataan YPG juga mencatat bahwasanya ISIS menderita banyak kerugian, dimana 53 anggota ISIS tewas terbunuh dalam pertempuran dimana 8 mayat saat ini berada di tangan YPG. Dua komandan ISIS – termasuk seseorang yang dikenal sebagai Ebubekir – juga terbunuh. YPG juga berhasil merebut sejumlah besar persenjataan dan peralatan militer.

Empat pejuang YPG dilaporkan gugur dalam pertempuran.

Pernyataan ditutup dengan kesimpulan: “Kami ingin semua rakyat kami yang hidup dan menghuni daerah Cizîrê mengetahui bahwa selama ISIS mengancam rakyat kami dan keselamatannya, maka YPG akan terus menguatkan perlawanan yang dikobarkannya untuk membela rakyat dan kawasan, serta para pejuang YPG akan menjadi duri bagi ISIS.” *diterjemahkan Bumi Rakyat dari “YPG Releases Statement At Conclusion Of Til Hemis Operation” sebagaimana dipublikasikan The Rojava Report. Dipublikasikan ulang dalam Bahasa Indonesia via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: