Catalonia dan Referendum 9 November

Catalonia and Spanish Republic

Catalonia dan Referendum 9 November

Lucha de Clases (Perjuangan Kelas, seksi Spanyol dari International Marxist Tendency (IMT)) mendukung hak rakyat Catalan untuk menentukan nasib sendiri, suatu hak demokratis yang mendasar. Pengingkaran hak bangsa bersejarah yang turut menyusun Spanyol ini merupakan kebijakan pusat dari rezim yang didirikan tahun 1978 bersama dengan pendirian kembali Monarki yang dipilih Franco dan impunitas bagi kejahatan-kejahatan Francoisme.

Bagaimanapun juga kami tidak berpikir bahwa kemerdekaan akan memecahkan persoalan yang dihadapi rakyat pekerja di Catalonia atau di belahan negeri lainnya. Persoalan ini diakibatkan oleh krisis sistem kapitalisme. Untuk alasan inilah kami mendukung perjuangan melawan kapitalisme dan seruan untuk persatuan sukarela berdasarkan kesetaraan antar semua rakyat yang mendiami Semenanjung Iberia, di dalam suatu federasi sosialis.

Parlemen Catalan telah memutuskan menyelenggarakan referendum pada 9 November yang akan menawarkan rakyat Catalan apakah mereka ingin memiliki negara sendiri dan apakah negara ini perlu independen. Dalam semua kepastian Mahkamah Konstitusi (TC) akan menyatakan bahwa referendum ini inkonstitusional. Ini tidak lebih dari skandal dimana borjuasi Spanyol menggunakan badan yang tidak dipilih rakyat untuk mencoba menghalangi penerapan hak-hak demokratis.

Dengan demikian, kami menyerukan pada seluruh buruh Catalan untuk tidak percaya pada kaum demagog nasionalis di Partai Konvergensi dan Persatuan (CiU) serta Partai Republikan Kiri Catalan (ERC). CiU mewakili kepentingan borjuasi Catalan dan tanpa malu telah membikin kesepakatan-kesepakatan dengan Partai Konservatif (PP) dan Partai Sosialis (PSOE) dalam melancarkan pemotongan-pemotongan yang menyerang kelas buruh selama 30 tahun. Bisa ditebak kini mereka akan menggunakan keputusan Mahkamah Konstitusi sebagai dalih ampuh untuk mengambil jalan mundur dan mengakhiri situasi yang tidak nyaman bagi mereka. Sedangkan di sisi lain, ERC telah sepenuhnya mendukung kebijakan-kebijakan pemotongan anggaran CiU dan represinya demi memperoleh referendum. Ini menunjukkan Catalonia merdeka macam apa yang mereka inginkan: Suatu negara Catalonia “merdeka: yang didominasi borjuasi besar Catalan dan Spanyol bersama perusahaan-perusahaan multinasional.

Di bawah kapitalisme, persoalan keluarga-keluarga kelas buruh di Catalonia yang merupakan mayoritas terbesar dari rakyat Catalan, tidak akan mendapatkan solusi, baik dalam negara Spanyol maupun (secara hipotetis) negara Catalonia merdeka, sama halnya dengan persoalan kelas buruh yang tidak terpecahkan di negara-negara lainnya.

Skandal korupsi Pujol menunjukkan bahwa kaum borjuasi nasionalis Catalan merupakan pencuri dan koruptor bagi rakyatnya sendiri, sama seperti borjuasi Spanyol.

Hanyalah suatu pemerintahan buruh di Catalonia dan Madrid yang akan berada dalam posisi untuk merebut kekuasaan ekonomi dan politik dari oligarki Spanyol dan Catalan, serta yang akan menyediakan hak-hak demokratis sepenuhnya bagi rakyat Catalan, dimana untuk itu dibutuhkan suatu persatuan perjuangan dari buruh Catalan dan buruh Spanyol melawan musuh bersama mereka.

*pernyataan sikap Lucha de Classes sebagaimana dimuat situs In Defence of Marxism. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dipublikasikan ulang via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: