Partai SYRIZA Menang Pemilu Yunani

SYRIZA Menang

SYRIZA Menang

Partai Koalisi Radikal Kiri (SYRIZA) memenangkan Pemilu di Yunani dengan margin besar. Namun partai SYRIZA kurang mencapai mayoritas mutlak untuk menjadi pemerintahan satu partai di Yunani. Meskipun demikian lSYRIZA memenangkan 149 kursi dari 300 kursi Parlemen.

Alexis Tsipras, pemimpin SYRIZA mengatakan bahwa kemenangan partainya menandai akhir dari “lingkaran setan pengetatan anggaran”. Mengacu pada persyaratan neoliberal yang diterapkan oleh Dana Moneter Internasional (IMF), Komisi Eropa, dan Bank Sentral Eropa, atau Troika, Tsipras mengatakan: “Rakyat Yunani telah memutuskan untuk membuat Troika menjadi barang masa lalu demi kerangka kerja bersama Eropa kita.”

Perdana Menteri, Antonis Samaras, mengakui kekalahan partainya “Demokrasi Baru” serta mengatakan selamat atas kemenangan SYRIZA dan menghormati keputusan rakyat Yunani. Namun Samaras menambahkan: “Kami telah mengembalikan kredibilitas internasional Yunani.”

Potami, partai kiri tengah, bisa menjadi kingmaker atau penentu dalam parlemen baru dengan 16 kursi yang diraihnya. Stavros Theodorakis, pemimpin Potami, mengatakan masih belum membuat kesepakatan denan SYRIZA. “Masih terlalu awal untuk detail-detail tersebut.”, katanya.

Partai fasis Yunani: Golden Dawn atau Partai Fajar Emas juga mengalami kenaikan dalam Pemilu meskipun lebih dari setengah anggota parlemennya berada dalam penjara. Nikolaos Michaloliakos, dari penjara, menyatakan hal itu sebagai “kemenangan besar” bagi partainya.

Kemenangan SYRIZA juga menimbulkan kepanikan di Jerman. Partai CDU yang berkuasa di pemerintahan bersikeras menyatakan bahwa Yunani harus tetap berpegang pada program pengetatan anggaran. Namun menteri keuangan Belgia mengatakan ada ruang untuk bernegosiasi dengan Partai SYRIZA.

Sementara itu kaum sayap kiri di seluruh Eropa merayakan kemenangan SYRIZA. Partai anti-pengetatan anggaran di Spanyol: PODEMOS menyatakan Yunani akhirnya memiliki pemerintahannya sendiri dan bukannya antek Jerman. Partai Hijau Inggris juga menyatakan kemenangan SYRIZA merupakan insipirasi.

Menurut Euronews, dalam Pemilu ini, Partai SYRIZA memenangkan 149 kursi Parlemen, sementara Demokrasi Baru 77 kursi, Potami 16 kursi, Partai Fajar Emas 17 kursi, partai Komunis Yunani (KKE) 15 Kursi, PASOK 13 Kursi, dan ANEL 13 Kursi.

Belum dipastikan apakah untuk mengamankan pemerintahan partai SYRIZA akan menggalang koalisi bersama partai-partai anti pengetatan dan pemotongan anggaran seperti Partai Komunis Yunani atau juga partai aliran sosial demokrasi PASOK yang sebelumnya sempat berkoalisi dengan Demokrasi Baru dan menyepakati pengetatan anggaran. Belum dipastikan juga apakah dalam menggalang koalisi ini, partai SYRIZA akan semakin memoderatkan programnya atau tidak. Partai SYRIZA masih mempertahankan tuntutan menaikkan upah buruh dan menyelenggarakan layanan kesehatan dan pendidikan gratis namun SYRIZA sudah menghapus tuntutan nasionalisasi perbankan dan penghapusan hutang luar negeri Yunani serta menggantinya dengan tuntutan lebih lunak: renegosiasi hutang. Apa yang pasti adalah Partai SYRIZA akan berhadapan dengan tekanan dari Troika dan terpaksa memilih: memimpin perjuangan kelas melawan pengetatan anggaran dan Troika serta melawan kaum borjuasi atau tunduk pada tekanan Kapitalisme.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: