Tolak Koalisi SYRIZA dengan Yunani Independen – Deklarasi Tendensi Komunis SYRIZA

Yunani Independent dan SYRIZA

Suatu kesalahan fatal bagi SYRIZA untuk bekerjasama dengan Yunani Independen! Jangan buang peluang historis! Harus ada koalisi antara SYRIZA – KKE!

Kemenangan elektoral SYRIZA kemarin, cukup menguatnya Partai Komunis Yunani (KKE) dan kekalahan konsekuen partai-partai borjuis, bukan saja memberikan suatu peluang historis namun juga suatu mandat politik yang jelas dari kelas buruh dan lapisan-lapisan sosial miskin terhadap SYRIZA untuk membentuk suatu pemerintahan Kiri berdikari.

http--attikipress.gr-wp-content-uploads-2015-01-syriza-kke

Setelah berpuluh tahun ditindas dan dipinggirkan secara politik, gerakan komunis Yunani akan mampu memerintah dengan 42% dukungan dari mayoritas kuat sebesar 164 kursi di parlemen Yunani! Namun sayangnya para pimpinan Kiri dan para pimpinan KKE menggagalkan kerjasama ini, dan dengan kemauan relatif para pimpinan SYRIZA untuk beraliansi dengan partai-partai borjuis, mereka telah membuang peluang historis untuk membentuk pemerintahan Kiri berdikari ini ke tempat sampah, dan karenanya, secara objektif dan mau tidak mau, mereka tengah mengkhianati mandat nyata yang mereka terima dari rakyat Yunani yang menginginkan perubahan politik dan sosial menyeluruh.

alexis-tsipras-2

Kolaborasi SYRIZA dengan Yunani Independen adalah suatu kesalahan politik fatal dan akan terbukti dalam praktik sebagai malapetaka bagi kelas buruh. Yunani Independen adalah suatu partai borjuis. Mereka memiliki program politik yang sangat reaksioner dan anti buruh dalam semua persoalan kunci, seperti ekonomi, pemerintah, pendidikan, kebijakan luar negeri, dan sebagainya. Retorika ‘anti-memorandum’ mereka adalah kedok demagogis yang menutupi program reaksioner mereka. Seberapa ‘anti-memorandum’ partai borjuis ini bisa dilihat pada kelakuan voting mereka dalam parlemen terkait legislasi memorandum dan saat penentuan pemilihan sistem itu diberlakukan atau tidak, fraksi Yunani Independen yang penuh dengan para politisi kariris borjuis, berpihak sepenuhnya ke kubu pemerintah.

Dampak suatu koalisi dengan Yunani Independen akan menyakitkan secara politik, karena kengototannya mereka atas “garis-garis merah” terkkait setiap posisi programatik SYRIZA yang diarahkan terhadap kepentingan-kepentingan fundamental kelas penguasa Yunani. Yunani Independen akan berperan sebagai agen kapital secara terang-terangan di dalam pemerintah yang komponen utamanya adalah SYIZA. Penerapan pertama tekanan-tekanan riil oleh Troika (Bank Sentral Eropa, Komisi Uni Eropa, dan IMF) serta kapitalis-kapitalis Yunani akan membuat pemerintah baru terpaksa mundur dari langkah-langkah radikal apapun yang ingin diterapkannya dan gerombolan geng Yunani Independen akan menarik dukungan dari koalisi seerta mencoba membentuk semacam pemerintah ‘persatuan nasional’ (dengan partai-partai borjuis). Ini kenyataannya memang merupakan seruan terus-menerus dari pimpinan Yunani Independen, Panos Kammenos, selama periode kampanye pra-pemilu.

Kalau memang ada perubahan kepemipinan partai Demokrasi Baru dengan seseorang dari faksi Karamanlis, sejumlah anggota parlemen dan anggota Yunani Independen akan balik kandang (ke Demokrasi Baru), partai tradisional kapital di Yunani. Kepemimpinan SYRIZA harus mempertimbangkan risiko ini dan daripada berkoalisi dengan Yunani Independen, harusnya bekerja sekuat tenaga untuk membangun persatuan dengan KKE, memperjuangkan kesepakatan programatik untuk pembentukan suatu koalisi mayoritas parlementer Kiri yang solid dan stabil. Hal ini secara mendesak perlu dilakukan sekarang dan juga seharusnya sudah dilakukan sebelum Pemilu, untuk menyokong “program Thessaloniki” dengan langkah-langkah anti-kapitalis dan sosialis, sebagaimana bisa ditemukan dalam program KKE. Sekarang tidak ada alasan lagi mengenai tidak adanya “tujuan strategis” bersama antara kedua partai yang tampaknya merupakan argumen yang dipakai para pimpinan KKE. Sekarang dengan gabungan kekuatan 164 anggota parlemen, terdapat kemungkinan untuk meloloskan langkah-langkah parlementer untuk membatalkan Memoranda dan bergerak melawan kapitalisme, dengan sosialisasi tuas-tuas utama ekonomi dan mencabut aparatus negara borjuis yang korup dan otoriter.

KKE

Saat yang bersamaan, kepemimpinan KKE harus mengadopsi suatu pendirian Leninis terkait isu membentuk suatu pemerintahan, yang mampu menghubungkan komunisme ke massa daripada memarjinalisasikan partai. Taktik ini melibatkan penyeruan terhadap kepemimpinan SYRIZA untuk berkomitmen pada kebijakan-kebijakan pro-buruh dengan langkah-langkah anti-kapitalis dan langkah-langkah sosialis. Dengan basis tuntutan-tuntutan tersebut KKE harus mendeklarasikan kesediaannya untuk mendukung suatu pemerintahan SYRIZA, dan dengan demikian membuat pimpinan SYRIZA mempertanggungjawabkan kebijakan-kebijakannya dan mengekspos keberadaan tendensi manapun di SYRIZA yang menghendaki kompromi dan kolaborasi kelas yang sayangnya berada di jantung SYRIZA. Dengan penolakan KKE untuk bekerjasama dengan SYRIZA, bagaimanapun juga kepemimpinan KKE menyediakan alasan-alasan politik yang cukup bagi pimpinan SYRIZA untuk semakin berbelok ke kanan. Bukan hanya KKE gagal mengekspos kenyataan-kenyataan ini ke hadapan kelas buruh, namun KKE juga membingungkan banyak massa buruh, dan membuat mereka percaya bahwa kerjasama dengan Yunani Independen adalah satu-satunya cara maju, akibat kekeraskepalaan KKE, sesuatu yang akan jadi malapetaka bagi kelas buruh. Bukan kebetulan kalau semua perwakilan politik dan ideologis dari kelas penguasa, telah seketika mengekspresikan kelegaan mereka saat para pimpinan KKE dengan keras kepala menolak kerjasama apapun dengan SYRIZA.

Kalau kepemimpinan SYRIZA akhirnya mengadopsi suatu kerjasama sosialis yang radikal dengan KKE, dan kepemimpinan KKE terus menolak menawarkan dukungan macam apapun terhadap pemerintahan SYRIZA, maka SYRIZA harus mengadakan pemilu baru untuk memenangkan mayoritas luas bagi pemerintah independen berdikari tanpa kebutuhan untuk bekerjasama dengan partai lainnya. Pemilu baru akan menjadi “berisiko dan prosedur yang di luar normal” bagi partai-partai borjuis, namun tidak bagi rakyat, karena hampir pasti mereka akan memenangkan mayoritas besar dan berujung pada suatu pemerintah SYRIZA yang independen dan berdikari. Jauh lebih baik menempuh perjuangan elektoral lainnya dan terikat untuk menerapkan program radikal daripada mengikat tangan dan kaki pada kolaborasi dengan pelayan borjuis kaum industrialis seperti Panos Kammenos dan partainya, Yunani Independen!

Tendensi Komunis SYRIZA menyerukan pada kepemimpinan SYRIZA untuk tidak berkolaborasi dengan Yunani Independen. Kami mengeluarkan seruan terakhir tidak hanya pada kepemimpinan SYRIZA namun juga kepemimpinan KKE, untuk mengemban tanggung jawab historis mereka dan bersama-sama membentuk suatu pemerintahan koalisi sosialis yang kuat. Kekuatan-kekuatan dari “Platform Kiri”, tendensi Kiri utama di SYRIZA, tidak boleh menerima kerjasama apapun dengan Yunani Independen dan harus berdiri dengan Tendensi Komunis SYRIZA dan seluruh anggota partai sayap kiri dalam mempertahankan alternatif politik berbasis kelas ang tepat, yang memperjuangkan suatu koalisi sosialis antara SYRIZA dan KKE.

*ditulis oleh Communist Tendency of SYRIZA pada Senin 26 Januari 2015 sebagaimana diterbitkan In Defence of Marxism. Dipublikasikan ulang dalam bahasa Indonesia via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: