Apakah SYRIZA Harus Memerintah Bersama ANEL ataukah Ada Alternatif Lain?

image

Apakah SYRIZA Harus Memerintah Bersama ANEL? Atau adakan Alternatif Lain?

Apa yang bisa dilakukan kepemimpinan SYRIZA untuk mewujudkan pemerintahan Kiri yang tidak bersandar pada partai sayap kanan? Bacalah pernyataan Communist Tendency of SYRIZA atau Tendensi Komunis SYRIZA mengenai apa yang seharusnya dilakukan kepemimpinan SYRIZA untuk mewujudkan pemerintahan Kiri yang independen.

Dalam konteks masa kini—dapat diperkirakan dan dapat diduga—iklim kebingungan politik, kekecewaan, dan menurunnya harapan yang menyebarluas, mayoritas basis elektoral partai kita cenderung menerima koalisi dengan ANEL atau Yunani Independen sebagai “tindakan masuk akal”, dengan alasan, penolakan para pimpinan Partai Komunis Yunani (KKE) untuk bekerjasama dengan SYRIZA, “tak ada jalan lain” untuk membentuk suatu pemerintahan Kiri yang Independen. Namun benarkah ini masalah sebenarnya? Kami pikir tidak.

Pertama-tama, jelas bagi semua orang bahwasanya kepemimpinan KKE yang paling bertanggungjawab atas kenyataan bahwa suatu pemerintahan Kiri berdikari tidak bisa diwujudkan. Saat massa pekerja bergerak secara masif ke arah kiri di front elektoral, dalam jumlah mayoritas—bahkan mayoritas absolut di pusat-pusat perkotaan—ke partai-partai yang datang dari tradisi Kiri dan komunis, kepemimpinan KKE malah menolak memanfaatkan mandat ini untuk mewujudkan suatu pemerintahan yang bisa memerintah demi kepentingan kelas buruh. Dengan demikian mereka telah berlaku seperti Pontius Pilate modern, yang gagal memajukan tuntutan-tuntutan programatik mendasar yang akan berguna untuk menyodorkan keunggulan gagasan-gagasan komunis kepada massa rakyat. Dengan pendekatan sektarian ini, mereka bukan hanya tidak “memblejeti” kepemimpinan SYRIZA namun malah memberikan mereka dalih politik untuk bermanuver ke “sekutu-sekutu” di kubu politik borjuis.

Bagaimanapun juga, posisi pendirian KKE yang tidak bisa diterima dari perspektif kelas ini, jelas tidak bisa jadi pembenaran bagi kepemimpinan SYRIZA untuk bekerjasama dengan partai nasionalis borjuis yang memaksa SYRIZA untuk menerima “garis-garis merah” Yunani Independen yang akan mencegah menerapkan langkah-langkah radikal, kiri fundamental, yang akan diambil pemerintah. Sebaliknya kepemimpinan SYRIZA seharusnya bisa mengadopsi suatu garis yang akan menghasilkan pembentukan suatu pemerintah Kiri independen. Ini perlu dan bisa meliputi hal-hal berikut:

Pertama, kepemimpinan KKE kemungkinan akan menggunakan voting atau suara di parlemennya untuk mendukung langkah-langkah pro-buruh dan langkah-langkah anti-pengetatan anggaran ajuan Pemerintah yang harus divoting di parlemen. Faktanya, KKE akan terpaksa secara publik menerima hal ini. Dengan konteks demikian, kepemimpinan SYRIZA bisa menyerukan pada KKE—bukan dalam isu-isu abstrak melainkan isu-isu spesifik dan dalam kerangka waktu yang disetujui kedua belah pihak—untuk menggalang suara dukungan bagi pemerintahan SYRIZA, misalkan mengenai semua langkah pro buruh di program Thessaloniki, bersama dengan setiap langkah fundamental yang diajukan KKE.

Kedua, secara alamiah, permintaan SYRIZA untuk suara dukungan bagi pemerintah yang diserukan pada partai-partai lainnya juga bisa disampaikan pada Yunani Independen, namun tanpa membentuk suatu koalisi pemerintahan dengan mereka. Hal itu akan menjadi ujian riil pertama terhadap pendirian “anti-memorandum” yang semu, demagogis, dan inkonsisten dari Yunani Independen.

Ketiga, bahkan bilamana kepemimpinan KKE menolak SYRIZA yang menawarkan kesepakatan programatik temporer yang sangat spesifik ini dan menolak memberikan suara dukungan, SYRIZA sebaiknya menggelar pemilu baru secepatnya. Dengan pembelaan yang konsisten dan telaten terhadap perlunya suatu pemerintah Kiri independen, dan mendasarkan diri pada momentum kerakyatan yang menguntungkan SYRIZA, khususnya di pusat-pusat perkotaan utama, para pimpinan SYRIZA akan meningkatkan suara yang bisa diraup partai dan mampu memerintah dengan mayoritas kursi parlemen.

Pendirian demikian akan menunjukkan dalam praktik bahwa SYRIZA mengambil langkah-langkah yang sejati, jujur, dan masuk akal, daripada membuat gestur-gestur kosong terhadap koalisi dengan KKE. Bagaimanapun juga apa yang malah dilakukan kepemimpinan SYRIZA? Dalam pidatonya saat malam pemilu, kawan Perdana Menteri kita tidak menyampaikan seruan spesifik terhadap KKE saa sekali. Pendirian publik dari kepemimpinan SYRIZA secara keseluruhan tampaknya merupakan pendirian yang didasarkan pada kesempatan setara bahwa kerjasama yang bisa dilakukan dengan KKE, juga bisa dilakuan dengan “River” partai borjuis neoliberal/pro pengetatan anggaran atau dengan partai Yunani Independen yang merupakan partai borjuis sayap kanan, populis, dan anti memorandum. Hal ini bagaimanapun juga merupakan satu-satunya pendirian formal yang kentara dari kepemimpinan SYRIZA yang sudah siap membentuk suatu pemerintahan koalisi dengan Yunani Independen. Hal ini tak diragukan lagi sangat difasilitasi baik oleh sektarianisme KKE dan tekanan borjuasi. Saat yang bersamaan, kepemimpinan SYRIZA secara hipokrit menyatakan bahwa jalur ke pemilu-pemilu baru adalah “anomali politik”.

Tendensi Komunis SYRIZA dalam pernyataan kemarin (26 Januari 2015) secara publik mengekspresikan dan menyatakan ketidaksetujuannya dengan pilihan koalisi dengan Yunani Independen. Ini adalah pilihan yang celaka dan merupakan kesalahan politik. Membangun koalisi dengan partai nasionalis sayap kanan yang terang-terangan menampilkan diri sebagai penjaga tatanan borjuis dari “ekses-ekses Kiri,” saat masih dimungkinkan untuk membentuk pemerintahan Kiri independen adalah suatu kesalahan besar.

Kami sepenuhnya memahami mengapa rakyat pekerja biasa yang mencoblos SYRIZA memandang Yunani Independen sebagai sekutu “anti-memorandum yang dibutuhkan”. Kebingungan dan ilusi seluruh orang ini bagaimanapun juga akan dengan cepat menguap di atas basis pengalaman atas peristiwa-peristiwa yang akan terjadi.

Bagaimanapun juga, dengan jujur harus kami katakan bahwa kepemimpinan partai kita yang bekerjasama dengan Yunani Independen tidak merepresentasikan hal yang sama. Kepemimpinan SYRIZA saat ini menggunakan dalih untuk menghindari tanggungjawab-tanggungjawab radikal bahwasanya pemerintah Kiri independen akan memicu dan menjadi sarana lebih lanjut untuk menekan kelas penguasa Yunani yang tengah berekonsiliasi dengan kekuatan ekonomi politik pemerintah.

Sayangnya di saat momen kritis ini, dimana kepemimpinan “Left Platform” atau Platform Kiri (sayap kiri SYRIZA) seharusnya mengerahkan perlawanan sekuat tenaga untuk merusak kerjasama dengan Yunani Independen dan seharusnya secara konsisten mempertahankan kebutuhan terhadap suatu pemerintah Kiri independen, Platform Kiri malah menutup mata dan memasuki koalisi pemerintah dengan gerombolan borjuis sayap kanan, populis, dari Yunani Independen.

Tendensi Komunis SYRIZA mengundang semua aktivis sayap Kiri SYRIZA untuk menolak semua omongan “ketidakterhindaran” aliansi dengan Yunani Independen dan memperjuangkan bersama hal-hal berikut:

Berjuang agar tidak ada kemunduran dari komitmen-komitmen sayap Kiri pro-buruh yang terdapat dalam program elektoral SYRIZA.

Pertahanan telaten terhadap kebutuhan memecahkan aliansi pemerintah dengan Yunani Independen dan kebutuhan terhadap suatu pemerintahan mayoritas kiri dengan suatu program sosialis, untuk menghapuskan hutang dan tidak hanya menyingkirkan Memoranda pengetatan anggaran namun juga menyingkirkan kapitalisme itu sendiri yang melahirkan seluruh langkah demikian.
(27/01/2015)

*diterjemahkan dari pernyataan sikap Communist Tendency of SYRIZA yang dipublikasikan In Defence of Marxism. Dipublikasikan ulang dalam bahasa Indonesia via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: