Mahasiswa Papua di Malang Dukung Papua Barat Masuk MSG

wpid-mahasiswa-papua-di-malang-dukung-papua-barat-masuk-msg.jpg.jpeg

(Malang, 24/06) Puluhan mahasiswa Papua turun ke jalan mendukung putusan United Liberation Movement for West Papua (ULWMP) atau Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat untuk agar Papua Barat menjadi anggota Melanesian Spearhead Group (MSG) atau Kelompok Pelopor Melanesia.

Aksi yang dilakukan serentak secara nasional di Indonesia maupun di luar negeri ini mengapresiasi dibahasnya proposal rakyat Papua Barat melalui ULMWP dalam MSG Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi MSG pada 18-26 Juni di Honiara, Kepulauan Solomon. Menurut Koordinator Lapangan (Korlap) Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) ini merupakan bukti bahwa perjuangan rakyat Papua Barat selama lebih dari 50 tahun dalam melawan rezim penguasa penindas di Indonesia dan negara-negara Imperialis, semakin disambut baik oleh negara-negara MSG. Anggota MSG seperti Vanuatu, Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Kanaky selama ini memang dilobi secara intensif oleh ULMWP.
Keanggotaan dan keterlibatan Papua Barat di MSG dipandang penting oleh AMP. Bukan hanya karena bangsa-bangsa di MSG adalah satu daratan, satu margasatwa, satu ekosistem, satu rumpun Melanesia, satu sejarah, satu samudera, dan satu budaya. Namun juga untuk melawan peng-Indonesiasian secara paksa terhadap rakyat di Papua Barat. Selain itu juga untuk mengangkat sekaligus menyikapi berbagai penghisapan, penindasan, penyingkiran, dan pelanggaran HAM yang diderita rakyat di Papua Barat.

Jubir AMP memaparkan bagaimana hingga hari ini rakyat di Papua Barat masih menderita akibat kolonialisme, imperialisme, dan militerisme. Ia menjelaskan bahwasanya sesungguhnya kemerdekaan Papua Barat sudah diproklamasikan tahun 1961 namun diinjak-injak oleh pendudukan paksa militer serta dikorbankan dalam Perang Dingin. Lebih lanjut ia menjabarkan pendudukan tersebut dilakukan demi kepentingan Imperialisme Barat. Ini dibuktikan dengan sudah ditandatanganinya kontrak dengan Freeport jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) di Papua Barat. Tak lupa, ia juga mengecam, bahwasanya Pepera itu sendiri dijalankan dengan tidak demokratis dan dengan represi dan intimidasi.

Hingga hari ini tidak ada demokrasi di Papua. Pembunuhan, pemerkosaan, teror, intimidasi, dan penangkapan sewenang-wenang terhadap aktivis-aktivis Papua terjadi dari waktu ke waktu. Kebebasan pers juga dikekang dengan tidak diperbolehkannya akses oleh jurnalis-jurnalis luar negeri.
Didudukinya kursi presiden oleh Jokowi tidak mengubah kenyataan hal ini. Bahkan rezim Jokowi itu sendiri malah bersekutu dengan para pelanggar HAM seperti Hendropriyono, Sutiyoso, dan termasuk Ryamizard Ryacudu—orang yang diduga berada di balik pelanggaran HAM di Aceh dan Papua serta Jenderal yang mendukung pembunuhan terhadap Theys Ulay. Bahkan rezim Jokowi juga berencana menambah jumlah komando ekstra teritorial di Papua dengan tiga KODIM baru.

Aksi yang diakhiri pukul 11.58 ini ditutup dengan pernyataan sikap AMP. Pertama, mendukung sikap negara-negara rumpun Melanesia untuk menjadikan Papua Barat anggota MSG. Kedua, mendukung ULMWP sebagai wadah representatif rakyat Papua Barat yang telah mengajukan Papua Barat sebagai anggota MSG. Ketiga, mendesak Indonesia untuk membuka ruang demokrasi dan memberikan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua Barat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: