Yunani – Kemenangan Kaum Buruh Yunani untuk OXI – Suatu Mandat untuk Perlawanan Revolusioner – Tolak Perjanjian Memorandum Baru

wpid-yunani-–-kemenangan-kaum-buruh-yunani-untuk-oxi-–-suatu-mandat-untuk-perlawanan-revolusioner-–-tolak-perjanjian-memorandum-baru.jpg.jpeg

Kemenangan kelas buruh untuk OXI atau “Tidak” dengan lebih dari 60% suara dalam referendum adalah suatu peristiwa revolusioner. Rakyat telah memberikan mandat untuk suatu perlawanan revolusioner dan menentang perjanjian-perjanjian Memorandum baru. Kini waktunya nasionalisasi bank-bank, campakkan hutang, dan gulingkan Memoranda serta kapitalisme barbar yang melahirkannya.

Hasil resmi menunjukkan kemenangan kelas buruh berupa pilihan “Tidak” dalam referendum sebesar 61,32% dan hanya 36,68% “Ya”. Kelas buruh, kaum miskin, pelajar-mahasiswa, pemuda pekerja dan pemuda pengangguran, yang berada di pusat area-area progresif negeri, kota-kota besar, telah mengirimkan pesan perlawanan gagah berani kepada “front hitam” Troika dan kelas penguasa Yunani.

Fakta bahwa referendum dijalankan dengan memberangus demokrasi, melancarkan perang ekonomi teroris yang dilancarkan “front hitam” terhadap rakyat, menutup bank-bank, mengemplang upah buruh-buruh dan para pensiunan, mengancam dan menggertak melalui propaganda provokatif, histeris, dan terus menerus oleh media massa yang menyuarakan kepentingan para perwakilan Troika dan para pemimpin politik borjuis Uni Eropa, menunjukkan bahwa kemenangan “Tidak” mengandung suatu karakter revolusioner.

Mandat mayoritas rakyat sudah jelas. Mereka meminta pemerintah terus menolak menandatangani perjanjian-perjanjian Memorandum dan mengambil langkah-langkah pantas untuk menghadapi dan memenangkan perjuangan kelas melawan Troika dan kaum oligarki kapitalis Yunani yang segera akan meningkat dalam hari-hari dan jam-jam berikutnya.

Dalam mandat umum ini, sejak besok Senin, pemerintah tidak boleh menyianyiakan waktu sedikit pun dengan berunding dengan para pemeras, yaitu “institusi-institusi” imperialisme, yang hanya akan mengantarkan versi-versi Memoranda yang berbeda. Tugas yang harus diemban sekarang adlah mengambil langkah-langkah radikal yang diperlukan. Bank-bank harus segera dinasionalisasi untuk melindungi tabungan-tabungan nasabah kecil dan menengah. Hutang, yang “ilegal” menurut Komisi Kebenaran Parlemen, harus dibatalkan. Suatu rencana komprehensif untuk menarik diri sesegera mungkin dari Memoranda dan menggulingkan kapitalisme yang brutal yang melahirkannya (lihat program yang diajukan Tendensi Komunis SYRIZA) harus diterapkan. Ditambah diiringi mobilisasi buruh dan pemuda, yang jelas-jelas menunjukkan semangat revolusioner dengan aksi massa luar biasa Jumat lalu di Athena serta dengan suara “Tidak” dalam referendum sebagai suatu jaminan penerapan langkah-langkah demikian.

*Pernyataan sikap Communist Tendency of SYRIZA. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dipublikasikan ulang via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: