Solidaritas untuk Kamerad John Percy

wpid-solidaritas-untuk-kamerad-john-percy.jpg.jpeg

image

Kamerad John Percy, seorang revolusioner, Leninis, sekaligus pejuang kelas yang militan, dan memimpin banyak perjuangan solidaritas internasional terhadap gerakan anti kediktatoran militer Orde Baru, mengalami serangan stroke minggu lalu, dan saat ini tengah di rawat di rumah sakit.

John Percy menjadi seorang sosialis setelah teradikalisasi di tahun 1965 dalam suatu gerakan besar menentang Perang Vietnam. Sejak saat itu ia menjadi seorang pejuang yang tidak kenal lelah dalam menentang perang sekaligus pejuang bagi kelas buruh dan kaum tertindas di Australia serta rakyat sedunia yang memperjuangkan pembebasan dan kemerdekaannya—mulai dari perjuangan anti imperialis rakyat di Vietnam, Nikaragua, perjuangan rakyat menentang kediktatoran militer Orde Baru Indonesia, perjuangan pembebasan Timor Timur, hingga perjuangan kemerdekaan Palestina.

John Percy adalah seorang pendiri organisasi pemuda sosialis “Resistance” (Perlawanan.ed). di tahun 1967 sekaligus salah satu pendiri Democratic Socialist Party (Partai Sosialis Demokratis.ed) di tahun 1972. (Catatan: DSP bukanlah partai Sosial Demokrasi (Sosdem) melainkan partai berhaluan Marxis Leninis namun menekankan demokrasi untuk membedakan dari kelompok Stalinis yang otoriter). Dalam beberapa periode ia menjadi editor koran kiri Direct Action (Aksi Langsung.ed), koran kiri penerus Green Left Weekly (Mingguan Kiri Hijau.ed), setelah faksi Leninis dari DSP dikeluarkan akibat oposisinya terhadap likuidasionisme kelompok mayoritas ke dalam Socialist Alliance yang berformat Partai Kiri Luas. Bersama Max Lane, Doug Lorimer, dan kawan-kawan faksi Leninis lainnya, mereka mendirikan Revolutionary Socialist Party (Partai Sosialis Revolusioner) sampai akhirnya bergabung dengan Socialist Alternative pada tahun 2012. Beberapa tulisan dan karyanya telah diterjemahkan serta diterbitkan ke dalam bahasa Indonesia, menjadi bacaan bermanfaat bagi perjuangan kelas buruh. Selama ini John Percy dan kawan-kawannya terus menyebarkan gagasan-gagasan revolusioner Marxisme sembari terlibat dalam perjuangan kelas buruh dan solidaritas rakyat tertindas sedunia sampai ia terserang stroke.

Kirimkan pesan solidaritas kalian, baik secara individual atau organisasional, terhadap kamerad John Percy. Bagi yang bisa berbahasa Inggris bisa mengirimkannya secara langsung ke james_crafti@yahoo.com.au  Sedangkan bagi yang tidak bisa, bisa mengirimkannya ke bumirakyat@gmail.com untuk kami terjemahkan.

Comments
One Response to “Solidaritas untuk Kamerad John Percy”
  1. bumirakyat1917 mengatakan:

    Bumi Rakyat menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya atas kabar meninggalnya kamerad John Percy pagi ini di rumah sakit di Sydney, Australia. Kamerad John Percy adalah seorang revolusioner, Leninis, dan pejuang kelas buruh yang mengabdikan 50 tahun hidupnya untuk memperjuangkan sosialisme. Ia bergabung dengan Klub Buruh Universitas Sydney di tahun 1965 dan tanpa kenal lelah membangun gerakan melawan keterlibatan Australia dalam perang di Vietnam. Tahun 1968 ia dan saudaranya mendirikan organisasi pemuda sosialis RESISTANCE dan kemudian SOCIALIST WORKERS PARTY atau Partai Pekerja Sosialis. Dalam perkembangannya John Percy berperan penting dalam pendirian serta gerakan DEMOCRATIC SOCIALIST PARTY (DSP) dan REVOLUTIONARY SOCIALIST PARTY (RSP) bahkan memimpin berbagai aksi dan perjuangan, termasuk solidaritas terhadap rakyat Indonesia yang berjuang melawan kediktatoran Orde Baru. Gerakan solidaritas yang dipimpinnya bersama kawan-kawan lainnya antara lain solidaritas dengan Revolusi Sandinista di Nikaragua, solidaritas terhadap gerakan pembebasan nasional melawan tirani militerisme Orde Baru di Timor Leste, dan sebagainya. Sepanjang sisa hidupnya John Percy tidak pernah goyah dalam komitmen perjuangan kelas revolusioner.

    Tabik!

    Acungkan kepal kiri dan nyanyikan Internasionale bagi kawan John Percy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: