Yunani: Pemilu Sela Mendatangkan Split di SYRIZA – Pernyataan Sikap Tendensi Komunis SYRIZA

wpid-yunani-pemilu-sela-mendatangkan-perpecahan-di-syriza-pernyataan-sikap-tendensi-komunis-syriza.jpg.jpeg

image

Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras, telah menyerukan pemilu baru pada Ahad 20. September 2015. Saat yang bersamaan Left Platform atau Platform Kiri dalam partai SYRIZA (Koalisi Radikal Kiri) telah mengumumkan pendirian partai baru yang akan maju dalam Pemilu ini. Berikut pernyataan kaum Marxis Yunani dari Communist Tendency of SYRIZA atau Tendensi Komunis SYRIZA terkait peristiwa-peristiwa terakhir.

Pemilu sela yang akan datang tak pelak lagi akan menjadi “bumerang” terhadap para pengusul pro-memorandum. Suatu voting kiri yang sadar kelas dan pembangunan fondasi sosialis partai baru akan menjadi cara terbaik untuk mempertahankan voting “OXI” atau “TIDAK” yang dipilih rakyat namun dikhianati pemerintah.

Pengumuman pemilu parlementer baru mencerminkan suatu upaya nekad oleh tim presidensial SYRIZA untuk mencari keselamatan politik di tengah meningkatnya kemarahan rakyat melawan pengkhianatan mereka. Manuver ini juga dirancang untuk mengamankan basis politik bagi Memorandum baru, dengan melemahkan sayap kiri SYRIZA yang anti-memorandum. Jadi meskipun ini terlihat seperti ironi, namun pengumuman pemilu ini merupakan bagian integral dari tindakan kelas penguasa dan para kreditur Imperialis yang membatalkan mandat rakyat anti-memorandum di referendum lalu. Tindakan tersebut yang dulu (dan sampai sekarang) tidak hanya melibatkan pemerintah namun juga tim presidensial SYRIZA sebagai antek-antek yang dengan sukarela menghamba.

Namun apapun niatan-niatan di baliknya, pemilu sela 20 September memberikan peluang penting bagi kelas buruh, pemuda, dan rakyat miskin. Ini adalah peluang penting untuk mencapai suatu kemenangan mutlak melawan para pembela kapitalisme yang dengan brutal melanggar mandat rakyat yang diberikan pada 25 Januari dan 5 Juli. Partai-partai borjuis, macam Demokrasi Baru, Fajar Emas (Golden Dawn), PASOK, Potami, dan partai-partai borjuis yang lebih kecil lainnya, termasuk kelompok pro-memorandum di SYRIZA di sekeliling tim pimpinan SYRIZA, harus dikalahkan. Voting rakyat harus didorong berdasarkan garis kelas dan melalui mobilisasi aktif buruh, harus memberikan partai-partai kiri suatu mandat untuk membentuk pemerintahan kiri sejati yang akan menghapus Memoranda, pengetatan anggaran, dan kapitalisme yang menciptakannya. Tujuan politik ini perlu dicapai melalui persatuan antara KKE dan organisasi kiri baru yang didirikan oleh sayap kiri SYRIZA.

Setelah pelanggaran terhadap prinsip-prinsip pendirian partai dan setelah sepenuhnya membubarkan semua prosedur partai kolektif, tim Alexis Tsipras melucuti semua hal yang membuat SYRIZA menjadi partai kiri yang mampu mewakili kaum buruh. Ini juga membuktikan semua kritik keras dan jelas yang selama ini diajukan Tendensi Komunis SYRIZA dengan cepat dan sistematis. Kaum militan kiri dalam partai kini telah bertekad bulat menghendaki pembangunan organisasi kiri baru yang akan mengabdi pada tujuan-tujuan awal SYRIZA yang telah dikhianati.

Tendensi Komunis SYRIZA telah dan akan terus secara aktif berpartisipasi dalam pembangunan prosedur-prosedur entitas politik baru bersama kawan-kawan Platform Kiri. Bagi kami, kaum Komunis, jelas bahwa kita tidak punya tempat lagi di SYRIZA yang pro memorandum baru. Kami bergandengan tangan dalam satu barisan dengan kaum kiri militan dari SYRIZA yang lama dan terkhianati, serta berjuang bersama untuk tujuan entitas politik kiri yang baru dan kami tanpa goyah benar-benar mengekspresikan kepentingan dan hak-hak kelas buruh serta rakyat miskin sampai penghabisan. Aksi-aksi politik kami akan terus sepenuhnya berdasarkan landasan prinsip-prinsip dan pemikiran sosialisme ilmiah serta pendirian-pendirian programatis sosialis yang telah kami sampaikan dan pertahankan sejak berdirinya Tendensi kami.

*ditulis pada 20 Agustus oleh Tendensi Komunis SYRIZA sebagaimana dipublikasikan marxist.com. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dipublikasikan ulang via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: