Lebanon – Aparat Merepresi Pemuda yang Menuntut Pemerintah untuk Mengundurkan Diri

Gerakan You Stink Lebanon

Para demonstran di pusat kota Beirut mengalami represi berat dari aparat. Lusinan orang cidera dan setidaknya 90 orang ditangkap sejauh ini, namun jumlah ini terus membesar dari waktu ke waktu. Demonstrasi pemuda Lebanon yang memakai nama gerakan “You Stink” atau “Kalian Bau” dimulai pada 22 Agustus 2015 dengan massa sebesar 18.000 dan membesar jadi 120.000 orang hari ini.

Gerakan ini dipicu krisis pengangkutan sampah di ibu kota. Puluhan ribu pemuda berkumpul di pusat kota Beirut untuk memprotes kondisi-kondisi buruk dan tak tertahankan yang dialami rakyat jelata Lebanon serta melawan pemerintah untuk mengakhiri sistem yang korup. Yel-yel utama yang diteriakkan massa berbunyi: “Ash-shab yurid isqat an-nizam” atau “rakyat ingin menggulingkan rezim”.

Ibu kota Lebanon penuh gundukan sampah dan kotoran yang tidak terangkut selama berminggu-minggu. Pemutusan listrik dan kekurangan air sering terjadi di lingkungan. Para demonstran sontak menuntut pengunduran diri pemerintah dan agar semua pejabat yang korup segera diseret ke meja hijau. Gerakan ini telah menjadi poros magnet yang menarik meningkatnya angkara murka dan keterasingan untuk disalurkan melawan sistem penindasan yang membelah melintasi identitas sektarian dan agama di negeri. Inilah alasan di balik upaya terkini untuk merepresi gerakan ini.

Bagi banyak rakyat Lebanon, gundukan sampah melambangkan semua yang busuk di negara Lebanon. Institusi-institusi gagal yang tidak becus menyediakan layanan-layanan paling mendasar dan elit-elit pejabat korup yang hanya mencari cara memperkaya diri serta memerah perusahaan-perusahaan negara untuk kepentingannya saja. Krisis ini memang simbol kebusukan rezim. Konfik-konflik di antara klik-klik konglomerasi yang berbeda demi memenangkan tender manajemen sampah dan pembuangan adalah salah satu alasan mengapa krisis ini semakin memburuk sampai begini dan masih jauh dari kata selesai.

“Ada sampah-sampah yang tidak boleh didaur ulang,” bunyi salah satu spanduk gerakan You Stink dengan bergambar para petinggi partai politik, sebagaimana dilaporkan Roula Khalaf dari Financial Times.

Gerakan ini telah menarik berbagai pemuda dari latar belakang Syiah, Sunni, Druze, dan Kristen di suatu negara dimana perbedaan dan pecah belah berdasarkan agama bahkan dilanggengkan di konstitusi semenjak Perang Sipil. Keseimbangan rawan antara para bekas warlord telah didirikan dengan mengorbankan kontrol demokratis riil rakyat Lebanon dan elit korup yang muncul dari menyalahgunakan kekuasaan di pemerintahan. Kebuntuan terkini ini ditunjukkan dengan jelas dari ketidakmampuan menggganti presiden selama 18 bulan.

Elit penguasa telah mencoba menghentikan para demonstran agar tidak bergerak ke gedung pemerintah dan Parlemen dengan mendirikan tembok namun kurang dari 24 jam upaya payah mereka dikalahkan oleh para demonstran.

Gerakan ini menuntut diakhirinya pecah belah sektarian yang dibentuk oleh sistem politik hari ini. Politik harus direbut dan dikembalikan ke tangan rakyat, apapun latar belakang suku, agama, dan rasnya. Kami sepenuhnya menentang represi aparat polisi dan mengutuknya sebagai suatu langkah frustasi rezim politik korup untuk melindungi kepentingan-kepentingannya sendiri.

*diterbitkan oleh In Defence of Marxism pada Kamis 27 Agustus 2015 dengan tajuk “Lebanon: police repression as youth demand the resignation of the government”. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan tambahan data dari “2015 Lebanese Protest” dan dipublikasikan ulang via Bumi Rakyat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: