Pernyataan Esquerda Marxista atas Penangkapan Lula

lula.jpg

image

Kepolisian Federal tiba di rumah mantan Presiden Brazil, Luiz Inácio Lula da Silva, jam enam pagi, 4 Maret 2016, menjalankan surat panggilan, memerintahkannya menghadap pihak berwenang untuk memberikan kesaksian. Lula kemudian dilepaskan tiga jam berikutnya dan belum terindikasi.

Surat panggilan yang dikeluarkan oleh seorang hakim yang menginvestigasi skandal korupsi Car Wash, dimana dituduhkan bahwa perusahaan-perusahaan membayar para politisi untuk mendapatkan kontrak-kontrak menguntangkan dari perusahaan-perusahaan minyak negara Petrobas. Para politisi dari partai penguasa dan oposisi dikatakan sama-sama terlibat dalam skandal, namun sejauh ini hanya para anggota terkemuka dari PT (Partai Pekerja) yang ditangkap. Berikut pernyataan Esquerda Marxista atau Kiri Marxis (seksi Brazil dari International Marxist Tendency atau tendensi Marxis Internasional) tentang kasus ini:
Esquerda Marxista mengutuk surat panggilan untuk menanyai Lula yang terjadi pada Jumat 4 Maret pagi, yang diorganisir oleh aparat Kepolisian Federal, bersama dengan media borjuis, dan kami menganggap hal ini adalah serangan terhadap hak-hak demokratis.

Kami tidak mendukung kebijakan kolaborasi kelas maupun metode-metode yang dipakai PT dan pemerntah. Korupsi berakar pada persekutuan dengan kaum borjuasi dan negara borjuis, serta pada pembelaan terhadap kapitalisme yang dilakukan oleh Lula, Dilma, dan PT.

Operasi Car Wash ditujukan untuk menyiapkan medan serangan terhadap seluruh kaum kiri dan organisasi buruh. Hal ini mendorong pemerintah semakin bergerak ke kanan, meskipun pemerintah ini sudah menjadi ujung tombak serangan-serangan terhadap rakyat pekerja.

Pengadilan AP 470 yang disebut-sebut mensalão, telah berujung pada serangkaian serangan terhadap kebebasan-kebebasan demokratis. Dengan pengecut dan memalukannya, Lula dan PT menolak membela para pimpinannya sendiri. Sekarang mereka yang di ujung tanduk angkara kaum reaksioner borjuis.
Operasi hari Jumat merepresentasikan lompatan kualitatif dalam situasi politik dengan tujuan lebih lanjut melemahkan PT, namun utamanya bertujuan mengetes kekuatan tiap reaksi melawan kemungkinan serangan borjuis untuk mencapai tujuan-tujuannya. Untuk inilah mereka membuat pihak pengadilan mengabaikan hukum-hukum dan institusi Republik yang sudah menyulitkan.

Sasaran operasi ini bukan hanya Lula dan PT, yang sudah terdemoralisasi. Niatannya adalah membuka jalan bagi demoralisasi dan kriminalisasi terhadap gerakan buruh dan organisasi-organisasinya.

Dalam semakin parahnya krisis ekonomi dan politik seperti sekarang, jalan yang ditempuh kaum borjuasi adalah serangan langsung terhadap capaian dan hak-hak kelas buruh. Hal ini menyiapkan medan untuk menghadapi perlawanan massa, dalam suatu situasi dimana kelas buruh dan pemuda, khususnya sejak Juni 2013, telah menunjukkan kesiapan mereka untuk berjuang dalam berbagai kesempatan.
Kepemimpinan PT, Lula, dan Dilma punya tanggungjawab langsung terhadap situasi saat ini. Kebijakan dan metode-metode yang mereka ajukan dan terapkan telah menghancurkan PT sebagai suatu partai kelas, sebagai suatu alat perjuangan kelas buruh. Pengkhianatan terhadap amanat rakyat yang memilih mereka—dengan penipuan elektoral riil, dengan penerapan kebijakan tunduk ke kepentingan kapital nasional dan internasional—telah berujung kepada kebangkrutan PT secara politik.

Pemerintah Dilma menjalankan kebijakan serangan-serangan terhadap hak-hak dan capaian-capaian kelas buruh demi menjamin pembayaran hutang internal dan eksternal. Mereka memotong anggaran pembelanjaan publik, membuka jalan bagi eksploitasi minyak oleh perusahaan-perusahaan multinasional, memecah-belah Petrobras dan memprivatisasi bagian-bagiannya, memperluas privatisasi, dan tengah menyiapkan konra-reforma pensiun yang baru. Mereka mengajukan Undang-undang Anti-Terorisme pula sekarang yang sebenarnya merupakan instrumen perang melawan rakyat karena mengintensifkan kriminalisasi terhadap gerakan-gerakan sosial.

Kami melawan semua upaya sayap kanan untuk “Impeachment” atau menggulingkan Dilma, karena tujuan mereka adalah memperdalam serangan-serangan terhadap kelas kita. Namun kami tidak terperosok ke dalam seruan mereka yang berteriak-teriak ada kudeta sebagai pembenaran pembelaan terhadap pemerintah ini dan kebijakan-kebijakan anti proletariannya.

Suatu strategi sayap kiri bagi situasi saat ini hanya bisa ditemukan lewat perjuang tuntutan-tuntutan kita, melawan semua serangan pemerintah dan para majikan. Melalui organisasi independen kelas buruh, suatu jalan kiri bisa harus ditemukan. Dalam perjuangan melawan kapital dan kebijakan-kebijakannya, melawan reformisme, dan dalam perjuangan untuk sosialisme kita akan sekali lagi membangun suatu partai kelas yang besar dan benar-benar setia kepada buruh dan pemuda.

Dalam pengertian inilah Esquerda Marxista akan berpartisipasi dalam aksi-aksi 31 Maret yang diserukan oleh serikat-serikat buruh dan gerakan-gerakan sosial, serta mengecam kesewenang-wenangan pengadilan, Kepolisian Federal, dan media borjuis.

Bela Hak-Hak Demokratis!

Kalahkan Pemotongan Anggaran! Kalahkan Kapitalisme!

Demi Suatu Majelis Konstituen Rakyat!
Demi Suatu Pemerintah Buruh!

*ditulis oleh Esquerda Marxista dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh situs marxist.com. Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan dipublikasikan ulang via Bumi Rakyat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

MENA Solidarity Network

Solidarity with Workers in the Middle East

Indonesian Peoples' Alliance (IPA)

Movement for Peoples Sovereignty and Trade to Serve the Peoples!

Maruti Suzuki Workers Union

Inquilab Zindabad! Mazdoor Ekta Zindabad!

wonosobo bergerak

Pijar Harapan untuk Rakyat

WONOSOBO BERGERAK

Pijar Harapan untuk Rakyat

SEKBER

sekolah bersama

Jurnal Ari

Coretan iseng pengelana

Insatiable Booksluts

Voracious readers tell you if that book is going to suck.

Ughytov's Blog

Just another WordPress.com site

Shiraz Socialist

Because there have to be some lefties with a social life

LKIP

Lembar Kebudayaan IndoPROGRESS

Partai Rakyat Pekerja Komite Kota Makassar

SOSIALISME, Jalan Sejati Pembebasan Rakyat Pekerja. SOSIALISME, Solusi Bagi Krisis Kapitalisme

boemipoetra

In A Time Of Universal Deceit, Telling The Truth Is A Revolutionary Act

Berita Buruh Indonesia

sebagai SEKOLAH PERANG, SERIKAT BURUH TIDAK terkalahkan

Working Indonesia

A Blog Covering Labor Activism in Indonesia

ARTIKEL BURUH

buruhberjuang.wordpress.com

Forum Komunikasi Pers Mahasiswa Bandung

SATU dan BERSATU oleh PERS & karena MAHASISWA

Home

One voice, unify power, unify actions for workers rights

%d blogger menyukai ini: